• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

PKD Ansor Megaluh, Langkah Awal Lahirnya Kader yang Mumpuni

PKD Ansor Megaluh, Langkah Awal Lahirnya Kader yang Mumpuni
PKD Ansor Megaluh, Diharapkan Jadi Langkah Awal Lahirnya Kader yang Mumpuni (Foto: NU Online Jombang/Annisa)
PKD Ansor Megaluh, Diharapkan Jadi Langkah Awal Lahirnya Kader yang Mumpuni (Foto: NU Online Jombang/Annisa)

NU Online Jombang,
Karakter anggota Ansor harus terus dibangun, guna membentuk jiwa militansi yang semakin kuat. Seperti yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Megaluh. Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) digelar pada Jumat (30/12/22) hingga Minggu (01/01/23) di MI Nurul Ulum desa Ngogri, Megaluh demi melatih militansi para anggota. 

 

Bertemakan 'Perkuat Militansi Melalui Kaderisasi untuk ber-Ansor Lebih Baik', PKD tersebut diikuti sebanyak 30 peserta, yang berasal dari Pimpinan Ranting (PR) maupun luar Kecamatan Megaluh yang menjadi bagian dari pengkaderan awal tersebut.

 

Johan, Ketua panitia pelaksana PKD menjelaskan, PKD tersebut merupakan langkah awal menjadi kader Ansor yang tidak hanya ikut-ikutan saja, tetapi juga melahirkan kader yang mumpuni.

 

"Ketika sudah mendapat sebutan kader, maka sudah bukan lagi menjadi penggembira melainkan jadi promotor gerakan yang akan membentuk dan menjaring setiap pemuda yang ada di Kecamatan Megaluh untuk melakukan hal positif," jelas pria yang akrab disapa Sahabat Johan itu.

 

Menurutnya, PKD ini sebagai langkah awal pengkaderan agar anggota Ansor memiliki karakter yang bagus. Hal ini juga dilakukan untuk memahami organisasi, memantapkan khidmah dan semakin cinta kepada tanah air serta bangsa.

 

"Walaupun setiap kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) merupakan bagian dari Ansor, tetapi diharapkan Ansor lebih bisa menata organisasi. Ke depan, kader Ansor di kepengurusan ranting atau desa harus bisa lebih aktif lagi," tuturnya.

 

Ia mengungkapkan, yang berbeda dari PKD lainnya yakni lokasi pemba'iatan yang menjadi ciri khas dari Kecamatan Megaluh. 

 

"Kami memilih pembai'atan di Petilasan Damarwulan. Selain untuk melestarikan budaya sekitar, diharapkan ghiroh nafas Majapahit juga ada pada diri peserta PKD," ungkap dia.

 

Ia berharap, tindak lanjut dari kegiatan ini salah satunya adalah pemberdayaan kader di level ranting. 

 

“Kami berharap, alumni PKD tahun ini, bisa berperan aktif dalam kemandirian Ansor secara umum serta dapat membina karakter organisatoris yang baik dan cakap di masing-masing ranting. Ini diharapkan juga bisa menjadi contoh yang baik bagi pemuda di desanya masing-masing,” harapnya.


Daerah Terbaru