• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Ansor Megaluh Jombang Sebarkan Aswaja An-Nahdliyah Lewat Khatib Keliling

Ansor Megaluh Jombang Sebarkan Aswaja An-Nahdliyah Lewat Khatib Keliling
Ketua PAC GP Ansor Megaluh Muzainal Abidin menjadi khatib shalat Jumat. (Foto: Istimewa)
Ketua PAC GP Ansor Megaluh Muzainal Abidin menjadi khatib shalat Jumat. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang memiliki program khatib keliling ke berbagai masjid setiap Jumat. Yang terbaru bertempat di Masjid Baitussalam, Desa Turipinggir, Megaluh, Jumat (13/8).

Ketua PAC GP Ansor Megaluh, Muzainal Abidin pada kesempatan ini yang bertugas menjadi khatib Jumat sekaligus imam shalat Jumat. Dalam khutbahnya, Muzain, sapaan akrabnya menjelaskan tentang keutamaan-keutamaan Muslim di bulan Muharram.

"Di bulan Muharram yang penuh dengan keberkahan ini kita dianjurkan untuk menyantuni anak yatim, banyak keutamaan bagi orang yang menyantuni dan menyayangi anak yatim salah satunya menjadi teman Rasulullah SAW di surga nanti," jelasnya.

Muzain menyampaikan, khatib keliling ke depannya akan menjadi acara rutin Ansor Kecamatan Megaluh. Tujuannya untuk menjaga dan mempererat ukhuwah Islamiyah. Di samping itu sebagai bentuk tanggung jawab pemuda Ansor dalam menyebarkan ajaran-ajaran agama Islam ala Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja) an-Nahdliyah.

Tujuan lain, lanjutnya, sebagai media sosialisasi kepada masyarakat dan jama'ah Masjid akan pentingnya hidup secara berdampingan baik sesama umat Muslim itu sendiri maupun dengan pemeluk agama yang lain.

"Kegiatan ini kita kemas dengan sebutan khatib keliling, di mana Ansor bertugas menjadi khatib keliling ke masjid-masjid se-Kecamatan Megaluh untuk melaksanakan shalat Jumat berjama'ah," katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut mendapat respons positif dari masyarakat setempat dan para kader Ansor di akar rumput, walaupun baru terlaksana tiga bulan terakhir.

"Ke depannya akan dilaksanakan pelatihan khatib dan bilal bagi remaja masjid (Remas) dan pemuda di Kecamatan Megaluh," jelasnya.

Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia
Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru