• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

NU Care-LAZISNU PCNU Jombang Tutup Donasi untuk Palestina, Total Keseluruhan Capai Rp313,6 Juta

NU Care-LAZISNU PCNU Jombang Tutup Donasi untuk Palestina, Total Keseluruhan Capai Rp313,6 Juta
Penyerahan bantuan Palestina NU Care-LAZISNU PCNU Jombang. (Foto: NU Care-LAZISNU PCNU Jombang)
Penyerahan bantuan Palestina NU Care-LAZISNU PCNU Jombang. (Foto: NU Care-LAZISNU PCNU Jombang)

NU Online Jombang,

NU Care-Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang secara resmi menutup kegiatan donasi kemanusiaan untuk Palestina pada Kamis (7/12/2023).

 

Berdasarkan data terakhir, jumlah bantuan yang terkumpul pada donasi kemanusiaan tahap kedua ini sebesar 153.876.000. Pada donasi tahap kedua, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang tetap menggunakan cara penggalangan dana yang sama dengan donasi kemanusiaan tahap pertama sebelumnya.

 

Namun, pada kali ini, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang lebih mengakomodir donasi dari jejaring yang belum menyetorkan pada tahap pertama. Sehingga, jika ditotal dengan donasi pada tahap pertama yang senilai Rp145.062.600, tahap kedua Rp153.876.000, dan tahap ketiga Rp14.700.000, maka total keseluruhan donasi adalah Rp313.638.600.

 

Ketua NU Care-LAZISNU PCNU Jombang, Nine Adien Maulana menjelaskan, pada prinsipnya donatur mayoritas berasal dari jejaring Nahdlatul Ulama, baik dari MWCNU, PRNU, banom, serta beberapa lembaga yang secara kultural berafiliasi kepada NU.

 

"Untuk tahap 2 ini kami mendapat titipan dari donatur yang berasal dari jejaring Kementerian Agama (Kemenag) Jombang, kemudian dari beberapa MWCNU yang belum menyetorkan pada tahap pertama," katanya pada NU Online Jombang, Kamis (7/12/2023). 

 

Kemudian selanjutnya juga ada dari madrasah di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif yang belum setor. Pihaknya juga menerima donasi dari MTs dan MA Al-Ghozaliah Jogoroto. Kemudian sebelumnya, juga menerima donasi dari SDN Jombatan, Kesamben.

 

"Setelah donasi kemanusiaan untuk Palestina ini resmi ditutup, tahap selanjutnya adalah menyetorkan dana tersebut kepada NU Care-LAZISNU PWNU Jawa Timur," ujarnya. 

 

Selanjutnya, pada Ahad (17/12/2023) mendatang, bertepatan dengan rapat koordinasi (rakor) LAZISNU PWNU Jawa Timur, seluruh donasi akan disetorkan ke NU Care-LAZISNU PBNU Pusat untuk kemudian dikirimkan ke pihak yang bertangggung jawab di Palestina.

 

"Jadi, donasi yang sifatnya langsung penyaluran pada pihak Palestina itu menjadi kewenangan mutlak PBNU. Kemudian, teknis penyalurannya, selain melalui kerja sama antar 2 pemerintah, LAZISNU PBNU memiliki jaringan relawan yang ada di Gaza," jelasnya.

 

Sehingga, lanjut Nine, donasi dikirim melalui transfer atau bantuan dalam bentuk lain itu adalah kewenangan PBNU bekerja sama dengan relawan yang ada di Gaza.

 

Meskipun donasi kemanusiaan untuk Palestina secara resmi sudah ditutup, pihak NU Care-LAZISNU PCNU Jombang tetap menerima amanat sebagai penyalur bantuan untuk Palestina. 

 

NU-Care LAZISNU PCNU Jombang tidak membatasi masyarakat apabila ada yang berniat menyalurkan bantuan untuk Palestina melalui NU Care-LAZISNU PCNU Jombang.

 
*Judul dan sebagian isi berita ini telah disunting pada Sabtu (13/1/2024). Tim redaksi menyesuaikan kembali dengan data terbaru.


Daerah Terbaru