• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

NU Care-LAZISNU Jombang Siap Sukseskan Sedakah Akbar pada 13 Agustus 2023

NU Care-LAZISNU Jombang Siap Sukseskan Sedakah Akbar pada 13 Agustus 2023
Flyer Sedakah Akbar yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahim (Forsil) Lembaga Amil Zakat (LAZ) Jombang. (Foto: panitia penyelenggara)
Flyer Sedakah Akbar yang diselenggarakan oleh Forum Silaturahim (Forsil) Lembaga Amil Zakat (LAZ) Jombang. (Foto: panitia penyelenggara)

NU Online Jombang,
Mengawali pergerakan kepengurusan yang baru terbentuk, Pengurus Cabang (PC) NU Care-LAZISNU (Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama) Kabupaten Jombang masa khidmah 2023-2024 akan ikut serta dalam menyukseskan 'Sedekah Akbar' yang akan dihelat di Masjid Baitul Mukminin Jombang pada Ahad (13/8/2023) mendatang.


Nine Adien Maulana, Ketua PC NU Care-LAZISNU Jombang mengatakan, bergabungnya NU Care-LAZISNU Jombang dalam penyelenggaraan 'Sedekah Akbar' ini dimaksudkan sebagai momentum konsolidasi setelah mengalami kevakuman beberapa waktu.


"Mungkin ini gerak awal kami setelah terbentuk, ini juga merupakan tahun pertama NU Care-LAZISNU Jombang bersinergi bersama Forum Silaturahmi (Forsil) Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ada di Jombang untuk mencari anak-anak yatim yang nantinya akan disantuni," kata pria yang akrab disapa Nine itu, saat dihubungi NU Online Jombang Selasa (1/8/2023).


Ia mengungkapkan, agar acara 'Sedekah Akbar' ini berhasil dan berjalan sukses, NU Care-LAZISNU Jombang mengajak jejaringnya baik yang berada di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) maupun di tingkat Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. 


"Untuk mendukung keberhasilan acara ini, kami mengajak Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU), MWCNU dan PRNU se-Jombang untuk berpartisipasi dengan mengirimkan anak yatim dengan batas usia maksimal penerima setara dengan kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD)," ungkapnya.


Nine menjelaskan, setiap anak yatim pada acara tersebut akan mendapatkan santunan berupa uang tunai senilai Rp150.000.


"Selain uang tunai nanti mereka juga akan mendapatkan paket makanan, snack, serta peralatan tulis sekolah senilai Rp100.000," jelas dia.


Pihaknya berharap, dengan adanya acara tersebut menjadikan momen penuh kebahagiaan dan kasih sayang bagi anak-anak yatim di Jombang. 


"Semoga 'Sedekah Akbar' 2023 ini mampu menjadi langkah awal yang kuat untuk pergerakan NU Care-LAZISNU Jombang dalam menjalankan tugas kemanusiaan. Amin," pungkasnya.


Untuk diketahui 'Sedekah Akbar' ini merupakan program tahunan Forsil LAZ, Forsil LAZ sendiri terdiri dari berbagai lembaga amil zakat di Jombang, seperti Baznas, UPZ Kemenag, Roushon Fikr Peduli, LSPT, NU Care-LAZISNU, LAZIS Muhammadiyah, LAZ-UQ, dan BMH.


Daerah Terbaru