• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Memperkuat Kedisiplinan dan Nasionalisme, Banser Gelar Pelatihan PBB

Memperkuat Kedisiplinan dan Nasionalisme, Banser Gelar Pelatihan PBB
Tanamkan Kedisiplinan, Banser Gelar PBB (Foto : NU Online/Ali Purnomo)
Tanamkan Kedisiplinan, Banser Gelar PBB (Foto : NU Online/Ali Purnomo)

NU Online Jombang,

Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang tergabung dalam Satuan Koordinasi Kelompok (Satkorkel) Sambongdukuh, kecamatan Jombang, kabupaten Jombang, gelar latihan bersama Peraturan Baris Berbaris (PBB) di Masjid At Taqwa Sambongdukuh.

 

Kepala Satkorkel Sambongdukuh, Samsul Anam mengatakan, PBB adalah aktivitas fisik yang diperlukan untuk menanamkan kedisiplinan dalam tata cara hidup berorganisasi.

 

"PBB ini merupakan tindak lanjut Diklatsar Banser yang baru dilaksanakan. Kegiatan ini juga sekaligus mengajak anggota Banser yang lama bersama-sama mengikuti latihan baris berbaris," kata Samsul.

 

Dia menambahkan, selain latihan baris berbaris, mempelajari PBB kali ini juga sebagai wadah silaturahim bagi anggota Banser baru dan lama.

 

Sementara itu, Ketua pimpinan ranting (PR) gerakan pemuda (GP) Ansor Sambongdukuh, Arif Lukman Hakim menjelaskan, latihan PBB tersebut diikuti oleh 30 orang yang terdiri dari Banser Sambongdukuh, Kaliwungu, Plandi dan Dapurkejambon.

 

Lebih lanjut, Arif memaparkan, tujuan PBB selain membiasakan dalam kedisiplinan serta memantapkan militansi kader Banser pasca diklatsar. 

 

"Selain bisa memantapkan tingkat kedisiplinan dan militansi para kader, ini sekaligus memberikan kesempatan bagi anggota lama dan baru untuk saling mengenal dan akrab," ujarnya.

 

Kegiatan yang dimulai Sabtu (05/03/2022), pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB diisi dengan latihan baris berbaris oleh Ketua Corps Provost Banser (CPB) Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Jombang, Muhammad Ihsan.

 

"Kami memiliki semboyan, disiplin adalah pondasi. Sebab, disiplin adalah modal utama dalam melakukan setiap hal, baik dalam pekerjaan maupun melakukan ibadah," jelas Muhammad Ihsan, pelatih PBB.

 

Dirinya berharap, setelah PBB, anggota Banser dapat menambah kedisiplinan sekaligus menumbuhkan wawasan kebangsaan. Sehingga, setiap anggota Banser mempunyai jiwa nasionalisme atau rasa cinta tanah air.

 

"Pelatihan yang dilaksanakan dengan semangat dan antusias yang tinggi akan membawa dampak baik terhadap ilmu yang telah diajarkan," pungkasnya.

 

Kontributor : Ali Purnomo


Daerah Terbaru