• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 6 Juli 2022

Daerah

Diklatsar Banser Jombang Kota, Diharap Mampu Teruskan Cita-cita Muassis

Diklatsar Banser Jombang Kota, Diharap Mampu Teruskan Cita-cita Muassis
Diklatsar Jombang Kota, Diharap Mampu Teruskan Cita-cita Muassis NU (Foto : NU Online/Annisa)
Diklatsar Jombang Kota, Diharap Mampu Teruskan Cita-cita Muassis NU (Foto : NU Online/Annisa)

NU Online Jombang,

Sebagai langkah konkret membentuk kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang loyal dan militan, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Jombang, menghelat pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) dengan tema 'Meneguhkan Loyalitas dan Militansi Banser dalam Menjaga Keutuhan NKRI'. 

 

Berpusat di gedung serbaguna KH Hasbullah Said Yayasan Pondok Pesantren (PP) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, acara tersebut berlangsung selama tiga hari sejak Jumat hingga Ahad (26-28) November 2021.

 

Taufiqi Fakkaruddin Assilah, ketua PAC GP Ansor Jombang Kota mengungkapkan, militansi Banser memang sangat dibutuhkan saat ini. 

 

"Kader militan yang loyal ini sangat dibutuhkan untuk membentengi ulama dalam menyebarkan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja). Sebab menurutnya, kelompok radikal dan penentang pancasila saat ini juga militan dalam menyebarkan ideologinya," ungkapnya.

 

Pria yang akrab disapa Gus Fiqi ini juga mengatakan, Banser sebagai kekuatan utama Ansor harus memiliki militansi dan ideologi Islam Ahlussunah wal Jamaah (Aswaja) yang kuat. 

 

"Sikap banser, haruslah merepresentasikan Ansor dan NU yang harus menampakkan islam Ahlussunah Wal jama'ah," katanya.

 

Dirinya menambahkan, kegiatan Diklatsar ini merupakan amanah dirinya sebagai pengurus PAC GP Ansor Jombang Kota untuk melakukan pengkaderan.

 

"Alhamdulillah dengan diikuti lebih dari 80 peserta yang terdiri dari Jombang hingga luar Jombang, kami dapat melaksanakan penyelenggaraan penerimaan anggota," imbuhnya.

 

Ia berharap, alumni Diklatsar jombang kota ini nantinya menjadi kader militan yang dapat meneruskan cita-cita para Muassis NU terdahulu.

 

"Saya berharap kader yang militan tersebut, nantinya bisa menjaga keutuhan NKRI dan lebih istiqomah dalam berkhidmah di NU," pungkasnya.

 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua PAC GP Ansor Jombang Kota Taufiqi Fakkaruddin Assilah dan dihadiri Ketua Tanfidziyah MWCNU Jombang kota. Selain itu, hadir pula badan otonom (Banom), Muspika Kecamatan Jombang kota dengan menaati protokol kesehatan (prokes).

 

Kontributor: Annisa Rahma

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru