• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 4 Desember 2022

Daerah

Aksi Banser Jombang untuk Korban Semeru, Galang Dana sembari Jualan Sayur

Aksi Banser Jombang untuk Korban Semeru, Galang Dana sembari Jualan Sayur
Aksi Banser Jombang untuk Korban Semeru, Galang Dana sembari Jualan Sayur. (Foto: Istimewa)
Aksi Banser Jombang untuk Korban Semeru, Galang Dana sembari Jualan Sayur. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang, 
Melihat musibah yang menimpa masyarakat Lumajang, Andik Purnomo, kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang mengaku tergugah melakukan aksi penggalangan dana. Caranya unik, aksi kemanusiaan itu dilakukan sembari jualan sayur keliling menggunakan sepeda motor miliknya.


"Saya niat menggalang dana untuk sahabat kita yang terkena musibah erupsi gunung semeru, saya hanya bisa menggalang dana sembari jualan sayur keliling, hal ini juga sudah mendapatkan izin kepada ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Ansor dan juga komandan," jelasnya kepada NU Online Jombang, Senin (6/12/2021).

 


Aksi galang dana sekaligus menjual sayur tersebut akan berlangsung selama lima hari ke depan, dimulai Senin (6/12/2021) sesuai izin dari komandan Banser Sumobito. 


"Sesuai izin dari komandan, saya mendapatkan izin menggalang dana lewat penjualan sayur keliling selama lima hari," ujar Andik.


Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumobito, Amir Syarifudin mengatakan, aksi galang dana yang dilakukan Andik Purnomo adalah wujud pengabdian Banser kepada masyarakat.

 

Baca juga: Mari Berdonasi Lewat LAZISNU Jombang, Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru


"Inilah salah satu wujud khidmah Banser ke masyarakat, peduli dengan sesama, sambil bekerja menyempatkan untuk mengumpulkan donasi dan ini yang tidak dimiliki yang lain," jelasnya.


H Zulfikar Damam Ikhwanto, Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor menjelaskan, karakter seorang Banser memang harus memiliki kepedulian tinggi terhadap masyarakat. 


"Jadi memang begitulah karakter Banser memiliki jiwa menolong yang sangat tinggi, memiliki semangat kepedulian kepada masyarakat, selalu berupaya bermanfaat di tengah masyarakat, tentunya bisa menjadi problem solver," jelasnya.

 

Baca juga: Ketua PWNU Jatim Ajak Masyarakat Berdonasi untuk Korban Semeru Lewat LAZISNU


Pria yang akrab disapa Gus Antok ini juga mengapresiasi dengan aksi galang dana yang dilakukan Andik Purnomo dengan berdagang sayuran di jalanan. 


Ia berharap, aksi peduli terhadap sesama manusia tersebut bisa memanggil kader-kader Banser serta warga masyarakat yang lain untuk melakukan aksi-aksi kemanusiaan membantu masyarakat Lumajang.


"Semoga ini bisa menginspirasi sahabat-sahabat atau masyarakat yang lain untuk meningkatkan kualitas kepedulian terhadap sesama manusia. Bukankah ciri-ciri orang yang bertakwa yang disediakan oleh Allah, surga yang luasnya seperti langit dan bumi yaitu untuk orang yang mau berbagi baik dalam keadaan lapang maupun sempit," pungkasnya.


Kontributor: Karimatul Maslahah
Editor: Ahmad 


Daerah Terbaru