• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Daerah

4 Banser Tanggap Bencana Diterjunkan Langsung Bantu Atasi Dampak Erupsi Semeru

4 Banser Tanggap Bencana Diterjunkan Langsung Bantu Atasi Dampak Erupsi Semeru
Saat anggota Bagana akan diberangkatkan ke lokasi korban Erupsi Semeru (Foto : Dokumentasi Bagana)
Saat anggota Bagana akan diberangkatkan ke lokasi korban Erupsi Semeru (Foto : Dokumentasi Bagana)

NU Online Jombang,

Erupsi Gunung Semeru menjadi duka mendalam bagi warga Jawa Timur khususnya Kabupaten Lumajang. Karena itu, Barisan Ansor Tanggap Bencana (Bagana) Kabupaten Jombang diterjunkan langsung untuk membantu para korban bencana alam.

 

Emiel Muttaqin, Komandan Bagana mengungkapkan, 4 personil diberangkatkan untuk membantu meringankan beban para korban terdampak erupsi Semeru Rabu (8/12/2021) pagi.

 

"Alhamdulillah pagi tadi kami berkumpul di Masjid Agung Baitul Mukminin, bersama tim relawan dari Baznas, LDS Roushon Fikr dan Public Safety Center (PSC) Jombang. Kami berangkat dalam misi kemanusiaan," ungkap pria yang akrab disapa Emiel ini.

 

Tak hanya pengobatan, pihaknya juga akan melakukan trauma healing kepada para korban terdampak disana.

 

"Insyaallah besok pagi kami akan mulai pendistribusian bahan makanan ke lokasi pengungsian korban terdampak erupsi gunung Semeru, dan juga melakukan trauma healing. Hal itu sangat dibutuhkan oleh para korban sesudah erupsi gunung terjadi," katanya saat dihubungi NU Online Jombang

 

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat membantu anak-anak korban Erupsi Semeru dan bisa mengembalikan kondisi psikis mereka seperti semula.

 

Meski sulit, namun setidaknya dapat menghilangkan trauma akibat adanya erupsi gunung Semeru yang melanda pada 4 Desember lalu.

 

"Walaupun sedikit, kami harap bisa meringankan beban para korban terdampak," harapnya.

 

Dalam situasi seperti ini, dirinya mengimbau seluruh masyarakat untuk melakukan aksi solidaritas kemanusiaan agar bisa saling menolong satu sama lain.

 

"Mari kita lakukan aksi solidaritas kemanusiaan. Sebagai anak bangsa, kita harus saling bahu-membahu, menolong korban bencana. Dan juga, kita harus tetap sabar dan berdoa pada Allah swt agar musibah ini segera berlalu dan tidak terjadi di daerah lain," tandas Emiel.

 

Kontributor: Annisa Rahma

Editor: Fitriana


Daerah Terbaru