Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Fiqih Opini Keislaman Khutbah Mitra

Mbah Nambi, Sosok yang Jadi Cikal Bakal Keberadaan Dusun Kwasen

Mbah Nambi, Sosok yang Jadi Cikal Bakal Keberadaan Dusun Kwasen
Mbah Nambi, Sosok yang Jadi Cikal Bakal Keberadaan Dusun Kwasen. (Foto: NU Online Jombang/Karimatul Maslahah)
Mbah Nambi, Sosok yang Jadi Cikal Bakal Keberadaan Dusun Kwasen. (Foto: NU Online Jombang/Karimatul Maslahah)

NU Online Jombang, 
Menelisik tokoh di Kabupaten Jombang seperti tak ada habisnya. Ada saja tokoh yang menarik ditelusuri, lantaran memiliki sejarah yang kuat dalam membangun masyarakat di sekitarnya. Ini belum sejumlah tokoh yang sudah familier di telinga masyarakat pada umumnya. 


Di antaranya seperti Mbah Nambi. Makamnya terletak di Dusun Kwasen, Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Jombang.


Jayadi, Juru Kunci Makam Mbah Nambi mengatakan, berdasarkan cerita rakyat yang berkembang, sosok Mbah Nambi adalah pembabat (pendiri) Dusun Kwasen. "Dulunya wilayah ini hutan," ujarnya kepada NU Online Jombang, Jumat (26/11/2021).


Menurut data yang diketahui Jayadi, makam Mbah Nambi tersebut sudah ada sejak 7 abad silam. Situs Pandegong yang terletak di sebelah timur makam Mbah Nambi masih punya hubungan sejarah yang bisa 'dijahit' dengan keberadaan Mbah Nambi kala itu. 


"Dari cerita kakek saya dulu, semasa kecilnya makam ini sudah ada, dan kemarin ada sejarawan H. Karno mengatakan, Mbah Nambi yang sebelumnya menjadi Empu Nambi kemudian diangkat jadi Patih Nambi ini diperkirakan ada kaitannya dengan Situs Pandegong," ungkapnya.


Makam yang terletak di area Pandegong tersebut menurut cerita Jayadi ada dua. Keduanya diyakini sama-sama pendiri Dusun Kwasen yang disemayamkan bersebelahan. Namun, hanya tampak satu nisan saja, yakni makam Mbah Nambi.


"Sebenarnya ada dua pendiri dusun yang disemayamkan di sini, selain Mbah Nambi, ada makam Mbah Ijo, akan tetapi belum jelas kebenarannya," jelas dia.


Banyak masyarakat sekitar seringkali berziarah ke makam Mbah Nambi. Ini setelah warga percaya bahwa Mbah Nambi adalah cikal bakal Dusun Kwasen sebagai bentuk hormat kepada leluhur.


“Sebagai sosok cikal bakal dusun dan juga leluhur, masyarakat setempat sering datang kesini untuk berziarah, ada juga yang berziarah untuk meminta izin ketika hendak mengadakan hajatan," pungkasnya.


Kontributor: Karimatul Maslahah
Editor: Ahmad 

Terkait

Daerah Lainnya

terpopuler

rekomendasi