• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

LAZISNU Bangkalan Belajar dari Jombang

LAZISNU Bangkalan Belajar dari Jombang
Belajar dari LAZISNU Jombang (Foto : Dok. UPZISNU)
Belajar dari LAZISNU Jombang (Foto : Dok. UPZISNU)

NU Online Jombang,

Unit Pengelolan Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Jombatan kedatangan tamu dari pengurus Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (LAZISNU) Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Ahad (27/3/2022) siang di Pendopo Kantor Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

 

Hoirus Soleh, Sekretaris LAZISNU Kecamatan Labang menuturkan, dirinya beserta rombongan pengurus LAZISNU Kecamatan Labang tiba di Pendopo Kantor Desa Jombatan, Kesamben, Jombang pukul 11.30 WIB. 

 

"Ahamdulillah kami disambut dengan hangat, kekeluargaan. Keramahan para pengurus UPZISNU Jombatan dan Pengurus Cabang (PC) LAZISNU Jombang memberikan sambutan yang hangat," tutur Soleh, sapaan akrabnya.

 

Tujuan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) dan NU Care-LAZISNU Kecamatan Labang adalah bersilaturahim dan sekaligus mendiskusikan tips dan trik menjaga kesolidan dan mengakomodir relawan NU Care-LAZISNU

 

"Awal ide kunjungan untuk belajar tersebut kami dapat setelah mengikuti Madrasah Amil di Buduran dan qodarullah narasumbernya adalah Cak Fatih, PC LAZISNU Jombang," jelasnya.

 

Kemudian, lanjut Soleh, pihaknya mengirimkan surat permohonan untuk belajar dan berkunjung ke LAZISNU Jombang dan UPZISNU Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben menjadi pilihan.

 

"PC LAZISNU Jombang kami anggap sangat berhasil menggerakkan relawan dan menggerakkan LAZISNU di daerah tersebut. Oleh karena itu, kami ingin mengambil kiat-kiat yang bisa kita terapkan di daerah kami. Seperti gimana cara mensolidkan pengurus dan relawan yang efisien dan baik, hingga pembuatan grup munfik," tambah Soleh.

 

Ia berterima kasih kepada PC LAZISNU Jombang beserta UPZISNU Desa Jombatan yang telah memberikan kesempatan untuk belajar bersama terkait LAZISNU. Soleh dan Pengurus LAZISNU Kecamatan Labang akan mendiskusikan hasil dari study banding untuk diterapkan di Bangkalan.

 

"Mengutip perkataan ketua LAZISNU Kecamatan Labang, ke depannya, setelah acara tersebut tetap terjalin silaturrahim yang sinergis, antara LAZISNU Kesamben dengan LAZISNU Labang untuk menggerakkan LAZISNU untuk umat dan Nahdliyin," imbuhnya.

 

Dihubungi secara terpisah, Ketua UPZISNU Desa Jombatan, Nuruddin Suryanulloh mengatakan, dirinya sangat bersyukur UPZISNU Jombatan bisa menjadi contoh untuk LAZISNU Kecamatan Labang, Bangkalan.

 

"Alhamdulillah, tentu kami bersyukur. UPZISNU Jombatan bersama Sekretaris PC LAZISNU, Nasrullah untuk berdiskusi banyak hal terkait langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh relawan dan Pengurus LAZISNU," tambahnya.

 

Pertama, para pengurus ranting NU maupun pengurus UPZISNU harus sama-sama mempunyai komitmen untuk mau menggerakkan LAZISNU. Kedua, para pengurus harus mencari orang yang tepat atau rajin untuk dijadikan relawan UPZISNU. Karena kinerjanya adalah door to door untuk menyebar kaleng dan mengambil infaknya.

 

"Ketiga sebelum para relawan menanam untuk menyebar kaleng ke warga atau mencari munfik (orang yang berinfak) maka perlu diberi pemahaman dan penguatan (breafing) terlebih dahulu agar para relawan tersebut memahami (mempunyai fondasi yang kuat) tentang maksud dan tujuan LAZISNU itu seperti apa," jelas Surya, sapaannya.

 

Keempat, setelah relawan mempunyai fondasi yang kuat, maka tugas pengurus NU ranting untuk membantu mensosialisasikan kaleng koin ke warga dengan datang ke jamiyah tahlil, yasin dan diba' yang ada di masing-masing dusun dengan membagikan kaleng yang sudah disiapkan oleh pengurus UPZISNU.

 

"Pengurus UPZISNU pasang badan jika ada pertanyaan dari warga yang para relawan tersebut tidak bisa menjawab. Karena ujung tombaknya UPZISNU itu adalah relawan yang setiap bulan keliling ke rumah-rumah warga," pungkasnya.


Daerah Terbaru