• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Kamis, 20 Juni 2024

Daerah

Kepala Kemenag Jombang Jabarkan Keunggulan Menimba Ilmu di Madrasah

Kepala Kemenag Jombang Jabarkan Keunggulan Menimba Ilmu di Madrasah
Kepala Kemenag Jombang, Muhajir dalam haflah akhirussanah MTsN 11 Jombang. (Foto: YouTube MTsN 11 Jombang)
Kepala Kemenag Jombang, Muhajir dalam haflah akhirussanah MTsN 11 Jombang. (Foto: YouTube MTsN 11 Jombang)

NU Online Jombang,

Kepala Kemenag Jombang, Muhajir menjelaskan, ilmu adalah hal yang utama di dunia maupun di akhirat, dan untuk mendapatkan ilmu yang mencakup keduanya, madrasah adalah solusi yang tepat.


"Ilmu itu yang utama, dan madrasah adalah pilihan tepat untuk mencari ilmu," jelasnya saat memberikan sambutan dalam acara Haflah akhirussanah MTsN 11 Jombang pada Kamis (30/5/2024) di halaman MTsN 11 Jombang. 


Ia mengatakan, ketika melafalkan doa sapu jagat, artinya meminta kebahagiaan di dunia dan akhirat. Doa itulah yang dinamakan ikhtiar batin, namun ikhtiar batin tentu harus didampingi dengan ikhtiar dhohir yaitu membekali diri dengan ilmu agama.


Ia mengutip sebuah kalimat berbahasa Arab tentang keutamaan menuntut ilmu yang berbunyi:


ﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺍﻷَﺧِﺮَﺓَ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ، ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَﻫُﻤَﺎ ﻓَﻌَﻠَﻴْﻪِ ﺑِﺎﻟْﻌِﻠْﻢِ


Artinya, “Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu. Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu. Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.”


Terkait keutamaan ilmu tersebut, Muhajir menyebutkan, menyekolahkan anak di madrasah akan menjadi pilihan yang tepat. Selanjutnya, Ia juga menjelaskan berbagai keunggulan madrasah.


"Di Madrasah itu putra-putri panjenengan telah dibekali ilmu yang akan membawa kesuksesan bagi mereka. Materi umum yang diajarkan di madrasah, sama 100% dengan materi umum yang diajarkan di sekolah. Sama persis karena memang kurikulumnya sama," terangnya.


Ia menambahkan, keunggulan lainnya ialah adanya mata pelajaran khusus agama yang telah dibagi menjadi beberapa cabang ilmu agama seperti Al-Qur'an dan Hadits, aqidah akhlak, fiqih, sejarah kebudayaan Islam, serta bahasa Arab.


"Hanya di madrasah, kita diajarkan bahasanya surga. Bahasa apa? Bahasa Arab. Jadi, ketika panjenengan menyekolahkan putra-putri panjenengan di madrasah, kalian telah menyiapkan mereka untuk menjadi penghuni surga," tuturnya.


Di akhir sambutanya, Kepala Kemenag Jombang ini mengungkapkan harapannya kepada para wisudawan. Ia berharap semoga mereka sukses dan bahagia, tak hanya di dunia tapi juga di akhirat.


Editor:

Daerah Terbaru