• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Ini Sejumlah Alasan Dibentuknya IPNU-IPPNU di Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng

Ini Sejumlah Alasan Dibentuknya IPNU-IPPNU di Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng
PK IPNU-IPPNU Ma'had Aly Tebuireng Jombang. (Foto: Muhammad Fatih Maulana Al-Maraghi)
PK IPNU-IPPNU Ma'had Aly Tebuireng Jombang. (Foto: Muhammad Fatih Maulana Al-Maraghi)

NU Online Jombang,

Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang telah resmi mendirikan organisasi Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) pada Rabu (25/10/2023). 

 

Ketua PK IPNU Ma'had Aly Tebuireng Muhammad Fatih Maulana Al-Maraghi menjelaskan, Pesantren Tebuireng merupakan pesantren muassis sekaligus pendiri Nahdlatul Ulama yakni Hadratussyekh KH Muhammad Hasyim Asy'ari. 

 

"Nah, hal ini menimbulkan pertanyaan bagi kita, pesantren yang notabenenya NU tidak terdapat dan tidak ditemukan organisasi yang bersangkutan dengan Nahdlatul Ulama," katanya pada NU Online Jombang, Jumat (27/10/2023). 

 

Hal itu menjadi dorongan baginya untuk menjawab sebagian tersebut yakni dengan mendirikan organisasi IPNU-IPPNU. Menurutnya, Ma'had Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng lah yang pertama kali berhasil mendirikan IPNU-IPPNU di kalangan Ma'had Aly se-Kabupaten Jombang.

 

Fatih lantas membeberkan tujuan didirikannya IPNU-IPPNU di Ma'had Aly, bahwasanya keilmuwan yang dimiliki mahasantri di pesantren yang telah dibekali ilmu agama dan pemahaman intelektual dan dikader menjadi santri yang berakhlakul Karimah tidak perlu diragukan lagi.

 

Di sinilah tugas daripada IPNU-IPPNU sebagai wadah pengembangan bakat dan minat para pelajar NU untuk mengasah pemahaman intelektual, baik pengetahuan umum maupun agama. 

 

"Dengan begitu saya sangat yakin kader-kader NU yang ada di Jombang akan menjadi kader yang unggul dalam prestasi, kreatif dalam berkarya dan berakhlakul Karimah," ujarnya. 

 

Fatih berharap, didirikannya IPNU-IPPNU Ma'had Aly Hasyim Asy'ari mengandung harapan untuk mencapai berbagai hasil positif. Di antaranya dapat menjadi wadah bagi mahasantri yang moderat untuk menyalurkan bakat dan keilmuannya, sehingga mampu menjadi agen perubahan yang positif dalam masyarakat.

 

"Yang kedua adalah dapat terbentuknya generasi mahasantri yang berintegritas, berani, dan bertanggung jawab, yang dapat menjadi pemimpin masa depan. Yang ketiga partisipasi aktif mahasantri dalam berbagai kegiatan pendidikan, sosial, dan budaya yang membawa manfaat bagi masyarakat," ungkapnya. 

 

Selain itu juga dapat meningkatnya rasa persatuan, toleransi, dan keberagaman di kalangan mahasantri, yang menciptakan kedamaian dan harmoni di Indonesia.

 

Yang terakhir lanjut dia, dapat menjadi motivasi bagi Ma'had Aly se-Kabupaten Jombang bahkan se-Indonesia untuk mencetak kader-kader NU yang hebat dan unggul.

 

"Harapan-harapan ini menjadi pedoman bagi kami dalam menjalankan misi dan program-programnya, serta menjadi landasan untuk berkontribusi pada perkembangan positif bangsa dan masyarakat Indonesia," pungkasnya. 


Editor:

Daerah Terbaru