• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

Ini Jadwal Jam Buka Makam Gus Dur Tebuireng Selama Ramadhan

Ini Jadwal Jam Buka Makam Gus Dur Tebuireng Selama Ramadhan
Makam Gus Dur dan masyayikh Pesantren Tebuireng, Jombang. Termasuk Hadratussyekh KH M Hasyim Asy’ari. (Foto: NU Online Jombang/Achmad Subakti)
Makam Gus Dur dan masyayikh Pesantren Tebuireng, Jombang. Termasuk Hadratussyekh KH M Hasyim Asy’ari. (Foto: NU Online Jombang/Achmad Subakti)

NU Online Jombang,
Wisata Religi Makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang berlokasi di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang selama Ramadhan tetap buka. Namun, ada sedikit perubahan pada jam buka.


"Iya, tetap buka seperti biasanya, mas," kata Ustadz Rifqi Hawari, Pengurus Pondok Pesantren Tebuireng saat dikonfirmasi oleh NU Online Jombang, Senin (27/3/2023).


Ustadz Hawari menjelaskan, perubahan waktu yang dimaksud adalah hanya diberlakukan pada jam malam. Jika pada hari biasa dibuka pada jam 20.00 - 02.00 WIB, maka pada bulan Ramadhan akan dibuka pada pukul 21.00 - 02.00 WIB.


"Kalau jam siang tetap buka pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 15.00 sore. Nanti setelah Ramadhan, jam malam akan kembali seperti semula," ujarnya.


Ia melanjutkan, saat bulan Ramadhan, pengunjung tidak sebanyak dan seramai pada hari biasanya. Jika pada hari biasa pengunjung sampai membludak, namun pada bulan Ramadhan masih banyak tersedia tempat yang kosong. 


Dalam pantauan NU Online Jombang, memang jumlah pengunjung menurun dari hari biasa. Jumlah peziarah tidak lebih dari 50 orang. Namun sepanjang lorong gerbang utama hingga makam, masih banyak stand toko yang buka.


Tempat parkir pun demikian, jika biasanya terdapat banyak bus-bus besar dan kendaraan pribadi, namun saat ini tidak ada satu kendaraan pun yang terparkir. Bahkan sepeda motor. Para peziarah lebih memilih parkir di tempat parkir yang disediakan oleh warga di dekat gerbang menuju makam. 


"Kalau Ramadhan biasanya ramai di malam hari. Itu pun kalau sudah masuk di pertengahan puasa. Kalau awal-awal puasa seperti ini tetap ada pengunjung tapi tidak seramai hari biasanya," imbuhnya.


Daerah Terbaru