• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Ziarah Makam Gus Dur

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Ziarah Makam Gus Dur
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Ziarah Makam Gus Dur. (Foto: NU Online Jombang/Achmad Subakti)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Ziarah Makam Gus Dur. (Foto: NU Online Jombang/Achmad Subakti)

NU Online Jombang, 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sang istri Siti Atiqoh Supriyanti mengunjungi Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang pada Ahad (17/04/2022) sekira pukul 14.00 WIB. 

 
Kedatangannya disambut langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz. 


Ganjar mengungkapkan, kunjungannya ke Pesantren Tebuireng dalam rangka ziarah makam Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid sekaligus silaturahim dengan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng.


“Niatan saya ke sini tak lain untuk berziarah ke makam Gus Dur, sosok inspirasi yang dapat memberi ruang demokrasi. Segala persoalan dapat beliau tanggapi dengan sangat enteng akan tetapi terdapat makna yang serius di dalamnya,” katanya.


Ia mengaku, rencana kunjungannya ke Pesantren Tebuireng sudah lama, dan baru saat ini nisa diwujudkan. “Sebenernya saya sudah lama ingin ke sini, tapi kok ya belum ada waktu yang tepat, akhirnya kok cocok hari ini ke sini ya alhamdulillah akhirnya bisa ke sini hari ini,” jelasnya. 


Ganjar menyampaikan, Gus Dur adalah sosok yang menginspirasi banyak kalangan. Kontribusinya sangat besar untuk bangsa dan negara. “Beliau juga banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara melalui pesantren,” jelas pria kelahiran Karanganyar Jawa Tengah ini.


Selepas Ganjar berziarah dari makam Gus Dur, ia sempat menyapa warga sekitar, termasuk pedagang kaki lima di area sekitar makam Tebuireng.


Daerah Terbaru