• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Daerah

Gelar Pasar Ramadhan, Ikhtiar NU Tambakrejo Jombang Tingkatkan Ekonomi Warga

Gelar Pasar Ramadhan, Ikhtiar NU Tambakrejo Jombang Tingkatkan Ekonomi Warga
Beberapa pengurus MWCNU Jombang usai meresmikan Pasar Ramadhan, Kamis (23/3/2023) di Jalan Tambakrejo GG. 4. Jombang. (Foto: Dok PRNU Tambakrejo)
Beberapa pengurus MWCNU Jombang usai meresmikan Pasar Ramadhan, Kamis (23/3/2023) di Jalan Tambakrejo GG. 4. Jombang. (Foto: Dok PRNU Tambakrejo)

NU Online Jombang, 
Kalangan Nahdliyin mengisi bulan Ramadhan 1444 Hijriyah dengan kegiatan yang beragam. Di samping majelis-majelis pengajian, darusan, ada juga yang memanfaatkan bulan Ramadhan itu dengan ikhtiar meningkatkan ekonomi umat dengan gelaran Pasar Ramadhan. 


Hal ini seperti yang dilakukan Pengurus Ranting Nahdhatul Ulama (PRNU) Tambakrejo, Kecamatan/Kabupaten Jombang. Subagyo, Wakil Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama’ (MWCNU) Jombang menyampaikan, bahwa Ramadhan adalah momentum dalam menebar berbagai kebaikan di tengah masyarakat. Termasuk di antaranya adalah Pasar Ramadhan.


"Pengurus Ranting Nahdhatul Ulama (PRNU) Tambakrejo bersama Banomnya kali ini mengadakan Pasar Ramadhan selama 15 hari mulai hari kamis tanggal 1 sampai 17 Ramadhan,” ujarnya kepada NU Online Jombang, Jumat (24/3/2023). 


Pria yang akrab disapa Pak Bag ini menambahkan, pusat yang dipilih untuk kegiatan ini adalah sepanjang Jalan Tambakrejo GG. 4. Jombang.


Tempat ini menurutnya cukup strategis. Selain menjadi lalu lalang warga setempat, juga ramai dengan para santri Pesantren Bahrul Ulum. Mereka dapat memanfaatkan pasar tersebut untuk beragam kebutuhannya. Termasuk kebutuhan buka puasa. 


Adapun produk-produk yang dijual di Pasar Ramadhan ini, lanjut dia, meliputi makanan dan jajanan ringan yang merupakan produk dari warga Tambakrejo sendiri, seperti es campur, es kopyor, cilok, pentol bakar dan lain sebagainya.


Menurutnya, Pasar Ramadhan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat sekitar. Ramadhan makin bermakna dan semarak. Karenanya, ia berharap, kegiatan ini bisa berulang di Ramadhan-Ramadhan berikutnya.


“Harapan saya kegiatan ini dapat berlanjut di Ramadhan tahun selanjutnya. Saya sangat mengapresiasi kegiatan pasar Ramadhan ini, kami sangat mendukung sepenuhnya,” ujar Pak Bag.


Untuk diketahui, pembukaan Pasar Ramadhan dihadiri oleh KH Asyharun Nur, Ketua MWCNU Jombang, KH Anshori, Wakil Rais Syuriyah MWCNU Jombang, Subagyo, Wakil Ketua MWCNU Jombang, sejumlah PRNU Tambakrejo, dan pengurus beberapa badan otonom (Banom) NU Jombang Kota.


Daerah Terbaru