Home Warta Nasional Fiqih Daerah Bahtsul Masail Opini Keislaman Amaliyah NU Khutbah Humor Ekonomi Lainnya Buku/Resensi Video Nyantri MWC Ranting NU Pengurus

Jangkau Pasar Lebih Luas, CV NU Mandiri Kerja Sama dengan NU Online Jombang

Jangkau Pasar Lebih Luas, CV NU Mandiri Kerja Sama dengan NU Online Jombang
Foto bersama usai penandatanganan MoU. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Foto bersama usai penandatanganan MoU. (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang, 
Commanditaire Venootschap Nahdlatul Ulama (CV NU) Mandiri Jombang terus berikhtiar mengembangkan usaha yang ditekuninya. Perseroan komanditer yang digerakkan oleh Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) dan Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Jombang ini memproduksi beberapa jenis unit usaha. Yakni, pembuatan pupuk organik cair (POC), nutrisi organik cair (NOC), dan produksi beras sehat marolis.

 

Upaya yang dilakukan di antaranya memperluas jangkauan pasar atau konsumen bekerja sama dengan NU Online Jombang. Media ini adalah situs resmi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang yang dikelola oleh aktivis media di bawah koordinasi Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdhatul Ulama (LTNNU) setempat.

 

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan antara kedua belah pihak. Dari pihak CV NU Mandiri ditandatangani langsung oleh direkturnya, Sugiarto, sementara dari NU Online Jombang diteken Pemimpin Redaksi (Pemred), A. Syamsul Arifin didampingi Sekretaris Redaksi, Arif Fachrudin Achmad di Kantor PCNU Jombang, Rabu (29/9/2021).

 

Dalam kesempatan ini, Sugiarto menyampaikan, CV NU Mandiri menyediakan pupuk organik sebagai sarana pengembangan pertanian dan peternakan untuk memperoleh hasil yang jauh lebih baik dan sehat. Pupuk yang diproduksi CV NU Mandiri menurutnya berhasil menghipnotis perhatian para petani yang selama ini menggunakan pupuk kimia perlahan beralih kepada pupuk organik.

 

"Mayoritas petani kita sudah 50% memakai pupuk organik yang kita produksi. Ini tentu capaian yang lumayan baik. Kami yakin pada akhirnya 100% petani kita sudah memakai pupuk organik," ujarnya. 

 

Menurut salah seorang wakil ketua PCNU Jombang ini, mengubah kebiasaan petani yang saat ini masih banyak menggunakan pupuk kimia memang tidak mudah, tetapi bukan tidak mungkin, karena hasil pertanian yang menggunakan POC CV NU Mandiri kerap kali menunjukkan hasil lebih maksimal dan ada sisi unik yang tidak ditemukan oleh petani dengan menggunakan pupuk kimia.

 

"Misalnya beras yang memakai POC kita, saat dimasak lebih punel dan tidak cepat basi. Bahkan bisa sampai 3 hari belum basi. Nah ini menarik," jelasnya.

 

Ia menambahkan, hasil yang demikian itu harus terus tersampaikan kepada khalayak luas untuk membuktikan bahwa beras yang dihasilkan dari pupuk organik lebih sehat, bebas dari kimia, dan bisa bertahan lama. Hal ini yang melandasi CV NU Mandiri perlu kerja sama dengan media. Diharapkan ke depan pasar produk-produk CV NU Mandiri Jombang akan lebih luas, tidak hanya familier di Kota Santri, tetapi juga di luar Jombang.

 

Sugiarto menyampaikan, CV NU Mandiri Jombang menyediakan stok beras sehat yang cukup memadai untuk warga Jombang. Beras ini dihasilkan dari gabah para petani binaannya yang memakai POC CV NU Mandiri yang kemudian diolah menjadi beras. Oleh karena itu, lanjutnya, masyarakat Jombang, khususnya warga NU sendiri yang hendak memesan beras segar bisa langsung datang ke kantor LPNU-LPPNU atau dengan menghubungi pengelola.

 

Di waktu yang sama, A. Syamsul Arifin mengungkapkan, keberadaan media NU memang punya tanggung jawab mengenalkan terobosan-terobosan yang dilakukan oleh pengurus NU. CV NU Mandiri adalah salah satu unit usaha NU yang layak untuk dikampanyekan kepada masyarakat luas agar lebih mengenalnya.

 

"Kita paham, bahwa NU di Jombang ini sudah maju, terutama pada aspek kemandirian ekonomi. Kemajuan itu yang harus kita kampanyekan melalui media, agar spirit berjamiyah dan berjamaah di NU menginspirasi banyak kalangan," jelasnya.

 

Ia berharap, kerja sama ini dapat menjadi tambahan spirit dan kekuatan bagi pengelola NU Online Jombang dan CV NU Mandiri dalam berkhidmah di NU. Dan program-program yang direncanakan antarkeduanya berjalan dengan lebih maksimal.

 

Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia
Editor: Ahmad 

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

Warta