• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Neraca BMTNU Nasional Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Senin, 5 Desember 2022

Daerah

Ketua UPZISNU Ranting Tambakrejo Jombang Ini Rutin Berbagi Minuman Sehat

Ketua UPZISNU Ranting Tambakrejo Jombang Ini Rutin Berbagi Minuman Sehat
Jumat berkah berbagi kepada tukang becak. (Foto: NU Jombang Online/Suci Aristanti)
Jumat berkah berbagi kepada tukang becak. (Foto: NU Jombang Online/Suci Aristanti)

NU Jombang Online, 
Berbagi selalu memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Hal itu yang menjadi semangat Idham kholid, Ketua Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) ranting Tambakrejo, Kecamatan/Kabupaten Jombang untuk tak berhenti berbagi kepada sesama meski sekadar segelas minuman jus. Minuman ini merupakan unit usaha yang dirintis bersama istrinya, Ima Chusnul Chotimah.

Idham Kholid menyampaikan, bahwa hal yang dilakukannya sebagaimana anjuran idkholus surur (memberikan kebahagiaan) kepada orang lain. Membuat orang lain bahagia adalah kebahagian tersendiri baginya.

Usaha tersebut baru dirintis awal tahun lalu. Bersama sang istri yang sama-sama notabene pendidikan bahasa Inggris, membuat konsep minuman unik. Minuman jus ini memiliki kosa kata bahasa Inggris pada kemasan gelasnya, hingga berjargon minuman sehat sambil belajar.

Dalam menerapkan konsep berbagi, Idham Kholid tidak pilih-pilih untuk bersedekah. Setiap Jumat ia berbagi kepada rekan kerja, teman dekat, hingga tukang becak yang di tepi jalan.

“Prinsip berbagi, ketika apa yang kita punya dibagikan, hakikatnya itu tidak habis, semakin banyak berbagi, semakin banyak yang kembali kepada kita, namun tidak boleh pamrih dan mengharap imbalan," ungkapnya, Jumat (11/6).

Merintis jus pintar.id pun diawali dari konsep berbagi. Sebelum launching Februari lalu, jus dibagikan kepada tetangga dan rekan terdekat secara gratis.

Kegiatan yang masih rutin dilakukannya sampai saat ini mendapat apresiasi positif dari teman dekatnya. Hal itu juga yang menjadi pelecut untuk kian semangat dalam berbagi. Idham terinspirasi prinsip berbagi dari gurunya, kiai Anshori Anwar. 

“Berbagi itu mempunyai makna yang luar biasa, dengan kita membahagiakan dengan orang lain, keberkahan semakin mendekati kita. Semakin banyak berbagi, insyaallah semakin berkah,” tuturnya.

Idham mengungkapkan bahwa sedekah atau berbagi itu menjadikan berkah harta dan dapat melapangkan rezeki. Mengutip firman Allah dalam surat Saba' ayat 39 “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya”.

Dalam dunia usaha, Idham kholid tidak pernah menolak permintaan pelanggan.

Sebelum launching, ia mengaku usaha yang dirintisnya sudah dikenalkan ke banyak konsumen, sehingga pada minggu keempat di awal peluncuran ia sudah melayani pemesanan karena banyak orang yang sudah mengenalnya.

Kontributor: Suci Aristanti
Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru