• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Festival Anak Shaleh Indonesia di Kesamben Jombang, Upaya Cetak Santri Berprestasi

Festival Anak Shaleh Indonesia di Kesamben Jombang, Upaya Cetak Santri Berprestasi
Peserta Festival Anak Shaleh diselenggarakan DPK LP TPQ Kesamben, Senin (25/12/2023) di TPQ Al-Jihad Ngemprak, Kesamben. (Foto: NU Online Jombang/Umi Kholifah)
Peserta Festival Anak Shaleh diselenggarakan DPK LP TPQ Kesamben, Senin (25/12/2023) di TPQ Al-Jihad Ngemprak, Kesamben. (Foto: NU Online Jombang/Umi Kholifah)

NU Online Jombang, 
Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XII tingkat Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang sukses digelar di TPQ Al-Jihad Ngemprak, Kedungbetik, Kesamben pada Senin (25/12/2023).


Kegiatan yang diselenggarakan oleh DPK LP TPQ (Dewan Pengurus Kecamatan Lembaga Pendidikan Taman Pendidikan Al-Qur'an) ini diikuti oleh setidaknya 72 lembaga TPQ yang tersebar di wilayah Kecamatan Kesamben.


Ketua DPK LP TPQ Kecamatan Kesamben, Abdul Rozi menuturkan bahwa dalam kegiatan FASI tahun ini terdapat 15 cabang lomba dengan tingkat TKA, TPA, dan TQA. "Jadi pada tiap lomba, kita punya ketentuan usianya sendiri. Tidak semua lomba dapat diikuti oleh semua usia," tuturnya.


Kepada NU Online Jombang, ia menjelaskan secara detail terkait ketentuan usia pada tiap lomba. Tingkat TKA (4-7 tahun) dapat mengikuti 8 cabang lomba yaitu mewarnai, nasyid, tartil Al-Qur'an, peragaan salat, adzan dan iqamah, cerdas cermat Al-Qur'an, puitisasi Al-Qur'an serta ceramah agama Islam.


Sedangkan di tingkat TPA (7-11 tahun) hanya diperbolehkan mengikuti 7 cabang lomba saja yaitu menggambar, nasyid, tartil Al-Qur'an, adzan dan iqamah, cerdas cermat Al-Qur'an, puitisasi Al-Qur'an serta ceramah agama Islam.


"Nah kalau tingkat TQA ini kan pesertanya sudah agak besar, jadi ada beberapa lomba yang kita khususkan untuk mereka. Di antaranya itu ada lomba tahfidz Juz 'Amma, kisah Islami, kaligrafi, dan syarhil Qur'an," jelas beliau.


Banyaknya cabang lomba ini dimaksudkan untuk mengasah keterampilan santri TPQ dalam berbagai bidang, sehingga santri tidak hanya memiliki fokus dalam satu bidang saja. Hal ini sejalan dengan tema FASI XII yang bertajuk "Santri Hebat; hebat prestasi, hebat mengaji, berakhlaqul karimah".


"Seperti tema FASI tahun ini, saya dan panitia berharap agar santri TPQ di Kecamatan Kesamben tidak hanya hebat mengaji saja, namun juga hebat dalam hal prestasi. Dan adanya FASI ini diharapkan dapat menjadi wadah para santri untuk unjuk prestasi," imbuh Abdul Rozi.


Daerah Terbaru