• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 5 Juli 2022

Daerah

Teruskan Dawuh Kiai Jamal, TPQ Al Fattah Ajarkan Amaliah NU

Teruskan Dawuh Kiai Jamal, TPQ Al Fattah Ajarkan Amaliah NU
Anak-anak yang mengikuti Pondok Ramadhan sedang diajak berziarah ke makam KH Mochammad Djamaluddin Ahmad (Foto: Dok. Pengurus TPQ Al Fattah)
Anak-anak yang mengikuti Pondok Ramadhan sedang diajak berziarah ke makam KH Mochammad Djamaluddin Ahmad (Foto: Dok. Pengurus TPQ Al Fattah)

NU Online Jombang,

Almaghfiroh KH Mochammad Djamaluddin Ahmad pernah menyampaikan untuk mendidik anak-anak agar shalat yang benar, membaca kitab suci Al Qur'an dengan benar serta baik akhlaknya. Sebagai penerus pesan mulia itu, Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Fattah yang merupakan salah satu lembaga yang didirikan sang Kiai mencoba mewujudkan ketiga hal tersebut.

 

"Abah pernah dawuh, didiken anakmu, jejek shalate, bener wacan qur'ane lan bagus akhlake. Kami berusaha mewujudkan dawuh abah itu dalam kehidupan sehari-hari," ujar Ketua TPQ Al-Fattah, Ahmad Wahid Ali.

 

Kali ini, untuk mewujudkannya, para santri menggelar Pondok Ramadhan untuk menanamkan hal-hal yang berkaitan dengan Amaliah Nadlatul Ulama (NU) serta membiasakan diri dengan aktivitas yang bernilai seperti halnya saling berbagi antar sesama, Kamis (28/4/2022)

 

Bertempat di Jl Laksda Adi Sucipto No.20, Dusun Sambongsantren, Desa Sambongdukuh, Jombang, pondok Ramadhan ini juga menjadi sarana pengenalan praktik dalam dunia pesantren. Anak-anak dilatih untuk hidup mandiri dan bermasyarakat. 

 

"Yang terpenting bisa melatih anak-anak untuk mondok agar di kemudian hari anak-anak sudah terbiasa dengan dunia Pesantren," jelasnya.

 

Pria yang akrab disapa Ustadz Wahid ini menambahkan, rangkaian kegiatan pondok Ramadhan ini antara lain adalah mengaji kitab Wasiyat Al-Mustofa, buka bersama, bagi-bagi takjil dan di hari terakhir, peserta pondok Ramadhan diajak untuk ziarah ke Makam Almaghfiroh KH Mochammad Djamaluddin Ahmad.

 

“Harapan kami, pondok Ramadhan ini bisa meningkatkan sumber daya manusia, mempererat hubungan sosial, dan mewujudkan suasana kehidupan yang islami dalam bermasyarakat. Intinya pembelajaran yang ada di pondok Ramadhan ini semoga bisa dijadikan kebiasaan di kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.


Daerah Terbaru