• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 17 April 2024

Daerah

BMT NU Jombang Kembali Gelar Pelatihan Vokasi, Kali Ini Pesertanya dari Malang, Batu, dan Lumajang

BMT NU Jombang Kembali Gelar Pelatihan Vokasi, Kali Ini Pesertanya dari Malang, Batu, dan Lumajang
Suasana pelatihan vokasi oleh BMT NU Jombang, Senin (19/2/2024) di aula Kantor BMT NU Jombang. (Foto: Dok
Suasana pelatihan vokasi oleh BMT NU Jombang, Senin (19/2/2024) di aula Kantor BMT NU Jombang. (Foto: Dok

NU Online Jombang, 
BMT NU Kabupaten Jombang kembali menggelar pelatihan vokasi pada Senin (19/02/2024) di aula Kantor BMT NU Jombang yang berada di jl. Gatot Subroto. Pelatihan vokasi ini diselenggarakan untuk 20 penggerak ekonomi dari Kabupaten Malang, Kabupaten Batu, dan Kabupaten Lumajang.


Pada pelatihan ini, peserta akan rangkaian diberikan sejumlah materi tentang pengelolaan keuangan syariah, ke-BMT NU-an, dan materi lainnya. Kegiatan berlangsung hingga Jumat (24/02/2024) mendatang.


Syahrul Munir, Kepala Bagian Sumber Daya Insani (SDI) menyampaikan bahwa pelatihan vokasi ini dilaksanakan atas permintaan dari PCNU Kabupaten Malang, Batu, dan Lumajang. Hal ini sejalan dengan yang diamanatkan oleh PWNU Jawa Timur kepada BMT NU Jombang agar ikut membersamai pendirian dan pengembangan BMT NU di Jawa Timur.


"PWNU Jawa Timur sudah memberikan amanah kepada kami (BMT NU Jombang) untuk membantu PCNU lain yang berkeinginan untuk mendirikan BMT NU di wilayahnya masing-masing," jelasnya.


Syahrul menambahkan, BMT NU Jombang adalah lembaga keuangan NU pertama di Jawa Timur. "Dan alhamdulillah BMT NU telah dinilai layak oleh PWNU dan sejumlah lembaga keuangan lainnya dalam hal manajemen dan lain sebagainya" ucapnya.


Lebih lanjut, Syahrul menjelaskan, salah satu tujuan pelatihan vokasi ini adalah untuk menyiapkan calon pengelola lembaga keuangan NU yang sejalan dengan visi dan misi Nahdliyin, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam AD/ART melalui rapat anggota.


"Dari banyaknya tujuan pelatihan vokasi ini, salah satunya juga untuk menciptakan jasa keuangan yang sesuai dengan asas perkoperasian dan berbasis syariah. Hal ini sesuai dengan amanah para kiai dan ulama NU," ungkapnya.


Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan agar para calon pengelola maupun calon karyawan mampu menawarkan produk-produk keuangan yang sesuai syariah, baik itu dalam bentuk tabungan maupun pembiayaan, baik itu pembiayaan konsumtif maupun produktif.


Daerah Terbaru