• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 28 Februari 2024

Daerah

Bimbel ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin Mojoagung Salurkan Bantuan Erupsi Semeru Melalui JPZIS

Bimbel ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin Mojoagung Salurkan Bantuan Erupsi Semeru Melalui JPZIS
Bimbingan Belajar ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin Salurkan Bantuan Semeru Melalui JPZIS Ma'arif Kecamatan Mojoagung (Foto : Dokumentasi ZEBE)
Bimbingan Belajar ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin Salurkan Bantuan Semeru Melalui JPZIS Ma'arif Kecamatan Mojoagung (Foto : Dokumentasi ZEBE)

NU Online Jombang,

Bimbingan Belajar ZEBE Mancilan dan Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Darul Muttaqin, dusun Subontoro Barat, desa Mojotrisno, Kecamatan Mojoagung menyalurkan hasil donasi untuk korban erupsi Semeru ke PC LAZISNU Jombang. Donasi tersebut disalurkan melalui Jaringan Pengumpul Zakat Infak dan Sedekah (JPZIS) Ma'arif Kecamatan Mojoagung pada sabtu (11/12/2021) sore.

 

Galang dana peduli semeru yang digelar selama 10 hari oleh ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin rupanya menarik empati masyarakat sekitar untuk membantu korban erupsi Semeru. Pasalnya, dana yang terkumpul mencapai Rp 2.674.000. 

 

"Hari ini, adalah penyaluran donasi tahap 2 di LAZISNU. Tahap 1 sudah kami salurkan kemarin melalui beberapa komunitas lain. Seperti, mojoagung.com, komunitas driver mobil siaga dan desa Mancilan," jelas Lailatul Fitriyah, ketua bimbingan belajar ZEBE Mancilan.

 

Menurut perempuan yang akrab disapa Pipit ini, ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin merupakan lembaga yang berbasis NU. Sehingga, sebagai nahdliyin harus turut serta memberi dukungan setiap kegiatan NU. Salah satunya dengan menyalurkan donasi ke PC LAZISNU Jombang.

 

Tidak hanya donasi berupa uang saja, tetapi banyak pula donasi yang berupa barang seperti, masker, selimut baru dan logistik, termasuk juga sembako.

 

Sementara itu, kepala TPQ Darul Muttaqin, Cholid Ansori mengatakan, ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin akan selalu bergerak untuk ummat. Baik ketika ada bencana maupun untuk kegiatan sosial lainnya.

 

"Kami ingin selalu bersolidaritas pada sesama. Baik ketika ada yang dilanda bencana ataupun kegiatan sosial lainnya seperti sedekah 10 Muharram," ujar pria yang kerap disapa Cholid itu.

 

Sementara itu, koordinator lapangan JPZIS MWC LP Ma'arif Kecamatan Mojoagung, M Syamsul Arif mengucapkan rasa syukur atas empati masyarakat terhadap korban erupsi Semeru.

 

"Alhamdulillah, kami sampaikan banyak terimakasih atas partisipasi dan dukungan dari masyarakat. Baik yang berupa rupiah atau barang baru yang telah di percayakan kepada kami," ungkapnya.

 

M. Syamsul Arif menambahkan, kegiatan sosial yang dilakukan oleh ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin ini bisa menjadi teladan bagi rekan-rekan bimbingan belajar, TPQ atau pun instansi yang lain agar bisa bersama-sama bergabung bersama LP Ma'arif NU Kecamatan Mojoagung.

 

"ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin adalah satu-satunya lembaga non formal di wilayah JPZIS MWC LP Ma'arif NU Kecamatan Mojoagung yang bergabung bersama kami," jelasnya.

 

Pihaknya mengatakan, bersedia membantu ZEBE dan TPQ Darul Muttaqin untuk mendapatkan nomer registrasi anggota resmi JPZIS LP Maarif NU Jombang. Sehingga, bisa mendapatkan hak untuk menjadi lembaga resmi penerima zakat infaq dan sedekah.

 

Pria yang disapa Arif ini berharap, agar baik lembaga maupun instansi dan bimbingan belajar serta TPQ yang belum bergabung, dapat segera bergabung. 

 

"Insyaallah membawa berkah dan manfaat," pungkasnya.

 

 

Kontributor : Siti Ratna Sari

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru