• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Berempati, PK PMII Ya'qub Husein lakukan Aksi Galang Dana

Berempati, PK PMII Ya'qub Husein lakukan Aksi Galang Dana
Aksi galang dana untuk korban erupsi Semeru oleh PK PMII Ya'kub Husein (Foto: NU Online/Muhammad Faesal Rahman)
Aksi galang dana untuk korban erupsi Semeru oleh PK PMII Ya'kub Husein (Foto: NU Online/Muhammad Faesal Rahman)

NU Online Jombang,

Sebagai wujud kepedulian atas bencana erupsi gunung Semeru Kabupaten Lumajang, Pengurus Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ya'qub Husein (YH) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Urwatul Wutsqo (UW) Jombang melaksanakan aksi penggalangan dana di jalan, Selasa (07/12/2021).

 

Ketua komisariat YH Yusril Hidayatullah mengatakan, penggalangan dana tersebut sudah berjalan dua kali pada tempat yang sama yaitu di lampu merah Blimbing Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang dengan kondisi yang berbeda-beda. 

 

Hari pertama berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Kemudian pada hari kedua terdapat sedikit halangan karena hujan gerimis namun tetap berjalan lancar seperti biasa.

 

"Ini merupakan kedua kalinya kami melaksanakan penggalangan dana. Kemarin, kami melakukan penggalangan dana disini juga. Namun, hari ini kami mengalami sedikit kendala yaitu gerimis. Walapun begitu, aksi ini tetap kami laksanakan," ungkapnya.

 

Dalam kesempatan itu, Zainur Rahman PK YH atau akrab disapa Sahabat Zen mengungkapkan, aksi penggalangan dana tersebut merupakan salah satu upaya konkret yang bisa dilakukan saat ini.

 

"Tidak banyak yang dapat kami lakukan selain mengupayakan lewat penggalangan dana ini untuk membantu para korban," katanya.

 

Dia menambahkan, mereka merasa berdosa jika tidak ada kepekaan sedikitpun atas bencana yang menimpa sesama. Sebab, dalam PMII, ditanamkan nilai dasar pergerakan yang salah satu rumusannya yaitu hubungan antar manusia (Habluminannas.Red).

 

"Sungguh berdosa sekali jika hati kita tidak tergerak sedikitpun untuk melakukan sesuatu atas bencana ini. Apalagi kita punya nilai dasar pergerakan yang menuntut kita untuk membantu sesama," terangnya.

 

Setelah melakukan penggalangan, dana yang sudah terkumpul akan dipusatkan di Pengurus Cabang (PC) PMII Jombang. Setelah itu, ada dua opsi yang dilakukan. Yang pertama menyalurkan dana tersebut ke Lembaga Zakat Infaq dan sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) atau langsung terjun ke Lumajang, tempat para korban bencana erupsi Semeru.

 

"Untuk dana yang sudah terkumpul kami masih akan menunggu intruksi dari PC. Ada dua opsi yang kami rencanakan. Pertama akan kami salurkan melalui LAZISNU. Atau yang kedua, terjun langsung ke Lumajang," pungkasnya.

 

Kontributor : Muhammad Faesal Rahman

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru