• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 6 Juli 2022

Daerah

Aksi Kemanusiaan Banser di Jombang, Evakuasi Lansia yang Terjebak Banjir

Aksi Kemanusiaan Banser di Jombang, Evakuasi Lansia yang Terjebak Banjir
Aksi Banser Jombang menggendong lansia yang terkena banjir. (Foto: Dok Banser Sumobito)
Aksi Banser Jombang menggendong lansia yang terkena banjir. (Foto: Dok Banser Sumobito)

NU Online Jombang,
Aksi kemanusiaan terhadap warga dilakukan beberapa anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang. Mereka menggendong nenek yang terjebak banjir dalam rumahnya lantaran hujan deras mengguyur Jombang, sejak dua hari terakhir.


"Kami mengevakuasi Ibu Semi orang tua yang mengalami struk dan sudah lanjut usia dari rumahnya. Sejumlah rumah di Dusun Ngrumek, Desa Ngelele, Sumobito terendam banjir dengan kedalaman bervariasi, bahkan ada yang sampai 80 cm," ujar Komandan Satkoryon Banser Sumobito Andik Setiawan, Sabtu (12/3/2022). 


Menurutnya, banjir merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Sumobito, setelah hujan deras mengguyur daerah tersebut. Selanjutnya kedua lansia dibawa ke tempat yang lebih aman. Proses evakuasi ini berlangsung pada pukul 10.00 WIB, Jumat (11/3/2022).


"Karena ada faktor kesehatan, makanya kami gendong. Bu Semi lansia ini kemudian dievakuasi ke tempat yang lebih layak dan nyaman yang tidak jauh dari rumahnya," kata Andik. 


Dia mengatakan, sampai hari ini warga yang rumahnya terendam banjir sudah dipindahkan ke tempat pengungsian.


"Banyak warga yang mengungsi, dari hasil pengecekan, lokasi banjir merendam rumah warga di wilayah Kecamatan Sumobito, ada banyak rumah yang terendam," kata Andik. 


Sementara itu, Amir Syarifudin, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumobito merespons aksi heroik yang dilakukan anggotanya. Dirinya mengatakan bahwa tugas Banser memang untuk melayani masyarakat yang sedang membutuhkan. 


"Harapan saya sebagai ketua PAC GP Ansor Sumobito, kita berharap bahwa masyarakat tahu, bahwa Banser itu pasukan serbaguna yang siap membantu bahkan melayani masyarakat," harapnya.


Daerah Terbaru