• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

UPZISNU Tambakrejo Gelar Istighosah Bersama dan Santunan Anak Yatim

UPZISNU Tambakrejo Gelar Istighosah Bersama dan Santunan Anak Yatim
Istighosah Bersama dan Santunan Anak Yatim di Masjid Nurul Huda Petengan Tambakrejo
Istighosah Bersama dan Santunan Anak Yatim di Masjid Nurul Huda Petengan Tambakrejo

NU Online Jombang,
Dalam momentum kemerdekaan RI dan 10 Muharram, Ranting NU Tambakrejo dan Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Tambakrejo mengadakan tasyakuran kemerdekaan RI dan ikhtiar tolak balak dengan istighotsah bersama dan membagi santunan untuk anak yatim.

Kegiatan dilaksanakan di Masjid Nurul Huda, dusun Petengan, desa Tambakrejo, Jombang. Kegiatan didahului dengan kegiatan istighosah, doa bersama dan memberikan santunan kepada 77 anak yatim dari desa Tambakrejo.

"Ada momentum penting pada bulan agustus ini, yakni 10 Muharram atau dikenal bulan asyura dan peringatan hari besar Nasional yakni kemerdekaan RI yang ke-76. Kita harus mensyukuri kemerdekaan ini dengan mengisi hal yang positif. Misalnya dengan wirid dan doa," jelas Kiai Asyharun Nur, ketua MWCNU Jombang kota.

Sementara itu, Kiai Anshori Sehah, Ketua takmir Masjid Nurul Huda mengungkapkan, hidup ini diiringi ujian dan cobaan. Bulan Muharram merupakan awal kemenangan orang yang diuji. Sebagaimana kisah kemenangan Nabi Muhammad Saw dari upaya jahat orang-orang kafir Makkah.

"Sebagaimana firman Allah dalam QS. Al Anfal ayat 30, yang menceritakan ketika orang-orang kafir memikirkan tipu daya terhadap nabi Muhammad untuk menangkap dan memenjarakan atau membunuh atau mengusir beliau. Orang kafir membuat tipu daya, dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Orang kafir mengatur rencana jahat, tapi Allah punya rencana menyelamatkan nabi Muhammad.

“Mari meraih kemenangan dengan cara sungguh-sungguh belajar Al-Qur’an. Khoirukum man ta’allamal qur’an wa’allamahu sebaik-baik diantara kalian adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya," terangnya.

Idham Kholid, ketua UPZISNU Tambakrejo mengungkapkan, dirinya berharap dengan terlaksananya kegiatan santunan ini dapat bermanfaat bagi anak yatim dan saling berbagi kebahagiaan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada donatur yang turut memberikan sedekah.

Kontributor : Suci Aristanti
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru