• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 31 Mei 2024

Daerah

Ustadz Ahmad Samsul Rijal Kisahkan Perjuangan BMT NU Jombang saat Awal Pendirian

Ustadz Ahmad Samsul Rijal Kisahkan Perjuangan BMT NU Jombang saat Awal Pendirian
Ustadz Ahmad Samsul Rijal menyampaikan sambutan dalam halal bihalal dan harlah BMT NU. (Foto: Dok BMT NU Jombang)
Ustadz Ahmad Samsul Rijal menyampaikan sambutan dalam halal bihalal dan harlah BMT NU. (Foto: Dok BMT NU Jombang)

NU Online Jombang,
Menginjak usia 11 tahun, BMT NU Jombang telah mengukir berbagai prestasi dan mengalami perkembangan yang signifikan. Di tengah berkembangnya BMT NU Jombang saat ini, sangat penting untuk kembali mengingat tujuan awal berdirinya BMT NU.


Hal ini disampaikan oleh pengawas BMT NU Jombang, Ustadz Ahmad Samsul Rijal dalam sambutannya kala menghadiri acara Halal Bihalal sekaligus peringatan Harlah BMT NU pada Sabtu (20/4/2024) di Gedung Islamic Center, Jombang.


"Di momen Harlah Ke-11 ini, mari kita kembali mengingat tujuan dan perjuangan awal berdirinya BMT NU. Sejak dulu, niat kita mendirikan BMT NU adalah sebagai bentuk khidmah kepada Nahdliyin khususnya di Jombang," paparnya.


Ia menjelaskan, selain bentuk khidmah tersebut,  BMT NU juga sebagai wadah untuk mengaplikasikan ilmu fiqih muamalah. BMT NU juga menjadi cahaya bagi Nahdliyin yang ragu dengan sistem perekonomian yang mengandung riba, yang belum sesuai syariat Islam.


"Saat itu banyak Nahdliyin yang putus asa perihal keuangan, sehingga dengan adanya BMT NU Jombang dapat menjadi jawaban atas keputusasaan tersebut. BMT NU memberikan harapan kepada Nahdliyin melalui simpan pinjam pembiayaan yang sesuai syariat Islam," jelasnya.

 

"Melalui BMT NU juga para kiai dapat membangun komunikasi dengan Nahdliyin, iso nyopo, ibarate. Jika antara kiai dan Nahdliyin sama-sama menjadi anggota di BMT NU, dengan begitu ukhuwah akan tetap terjaga," sambungnya.


Lebih lanjut, katib PCNU Jombang masa khidmah 2017-2022 ini juga mengisahkan bahwa kala itu gagasan pendirian BMT NU tidak langsung diterima oleh para kiai. Sekalipun pendirian BMT NU memiliki tujuan yang baik, yaitu untuk memberi manfaat kepada Nahdliyin.


"Iso opo ora iki PCNU ngurusi keuangan, seperti itulah yang kala itu diucapkan para kiai. Para kiai ragu, karena saat itu kita belum memiliki pengalaman terkait keuangan seperti ini," kenangnya.


"Namun Gus Salman selalu meyakinkan bahwa kita mampu. Saat itu beliau berucap wis dilakoni ae kanti istikamah, dan dari istikamahnya itulah BMT NU Jombang dapat tetap eksis hingga detik ini," pungkasnya.


Editor:

Daerah Terbaru