• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Tertinggi Kedua Se-Jatim, Penyaluran Dana ZIS LAZISNU Jombang Capai 10,9 Miliar

Tertinggi Kedua Se-Jatim, Penyaluran Dana ZIS LAZISNU Jombang Capai 10,9 Miliar
Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin menerima zakat mal dari Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatatun Nasyiin, Paculgowang, Jombang. (Foto: Istimewa)
Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin menerima zakat mal dari Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatatun Nasyiin, Paculgowang, Jombang. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Pengurus Cabang (PC) NU Care-LAZISNU (Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama) Kabupaten Jombang, Jawa Timur telah merilis jumlah perolehan dan penyaluran dana ZIS selama Ramadhan 1441 H kemarin. Laporan ini sebagai bentuk tanggung jawab kepada khalayak luas, terutama bagi donatur dan pihak penyalur zakat, infak, dan sedekahnya melalui NU Care-LAZISNU.

Ketua PC NU Care-LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin mengungkapkan, perolehan dan penyaluran dana ZIS sepanjang bulan Ramadhan 1441 H kemarin sebanyak 10,9 miliar. Angka ini menurutnya tertinggi setalah NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo yang mencapai kurang lebih 22 miliar.

"Alhamdulillah Jombang runner up setelah Sidoarjo dalam perolehan ZIS selama Ramadhan. Matursuwun untuk semua pihak yang sudah berpartisipasi," katanya, Senin (8/6).

Ia menjelaskan nominal tersebut adalah akumulasi dari perolehan zakat fitrah, zakat mal, infak, sedekah, dan fidyah baik oleh LAZISNU sendiri, UPZISNU tingkat kecamatan dan desa, maupun JPZIS yang dikoordinir Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU. Namun, yang paling mendominasi perolehannya yaitu zakat fitrah, disusul dengan infak, sedekah, dan fidyah, kemudian zakat mal.

"Zakat fitrah terkumpul 9,5 miliar, zakat mal 255 juta lebih. Sedangkan dari infak, sedekah serta fidyah sebanyak 1,1 miliar," jelasnya.

Pria yang kerap disapa Gok Din ini menambahkan, setiap tahun NU Care-LAZISNU Jombang istikamah melaporkan dana ZIS yang ditsarrufkan selama Ramadhan kepada masyarakat. Baik melalui media soaial yang dikelolanya dengan membagikan informasi perolehan dan pendistribusian dana ZIS, ataupun juga menginformasikan secara langsung kepada sejumlah muzakki dan donatur.

Perolehan dana yang dikelola NU Care-LAZISNU Jombang sebelumnya selalu menempati posisi teratas bilamana dibandingkan dengan NU Care-LAZISNU di kabupaten-kabupaten lain di Jawa Timur. Namun, tahun ini tergeser oleh NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo.

Ia menyampaikan, setidaknya ada dua faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Pertama, ada empat Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) yang tidak laporan. Kedua, Jaringan Pengelola Zakat Infak dan Sedekah (JPZIS) Ma’arif tidak bisa mengcallicting karena sekolah libur.

"Semoga tahun depan LAZISNU Jombang semakin banyak memperoleh dana ZIS. Semakin banyak juga masyarakat yang mempercayakan ZIS-nya kepada LAZISNU," ucapnya.

Pewarta: Ahmad
Editor: Syamsul Arifin 


Editor:

Daerah Terbaru