• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Tanamkan Karakter Gemar Bersedekah, Kirab Koin NU Sasar berbagai Elemen

Tanamkan Karakter Gemar Bersedekah, Kirab Koin NU Sasar berbagai Elemen

KIRAB KOIN NU

NU Jombang Online, 
Berbagai elemen menjadi sasaran Kirab Kotak Infaq (Koin) NU Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jombang, Jawa Timur. Beberapa elemen tersebut mulai dari warga NU sendiri, para santri, siswa, masyarakat umum hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan di kecamatan se-Jombang.

"Kirab melintas ke seluruh kecamatan yang ada di Jombang, pondok pesantren, instansi pemerintah, serta sejumlah lembaga pendidikan di Jombang," kata Ketua PC LAZISNU Jombang, Ahmad Zainudin.

Hari ini, Jumat (17/5), Kirab Koin tersebut secara resmi dilepas Sekda Jombang, H M Jazuli di depan halaman Masjid Agung Baitul Mukminin Alun-alun Jombang. Adapun tujuan kirab sebagai upaya membentuk karakter warga Jombang yang gemar bersedekah. Sementara dilibatkannya berbagai elemen di atas guna memaksimalkan tujuan tersebut.

Pria yang akrab disapa Gok Din ini mengajak agar semua elemen tersebut benar-benar memaksimalkan upaya yang dinilai sesuai dengan visi dan misi pemerintahan Kabupaten Jombang periode ini. Terlebih upaya itu mendapat dorongan langsung dari dari Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab sebelumnya.

Bahkan, kata Gok Din, bupati sendiri telah bersedia diangkat LAZISNU menjadi Panglima Gerakan Jombang Bersedekah untuk memberikan motivasi bagi segenap rakyatnya.

"Kirab Koin ini adalah salah satu langkah penguatan karakter Jombang bersedekah, apalagi setelah mendaulat Ibu Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab sebagai Panglima Gerakan Jombang Bersedekah ini, harus kita kawal terus," jelasnya.

Dalam kirab ini, LAZISNU menyediakan 6 Koin. Masing-masing Koin dikawal Barisan Ansor Serbaguna (Banser) bersama supir mobil pick up menuju sejumlah titik yang sudah ditentukan panitia kirab.

Kirab Koin akan berlangsung hingga lima hari ke depan (sebelumnya diberitakan masa kirab selama sepekan). Hari pertama Koin menuju SDI dan SMPI Roushon Fikr. Kemudian bergerak ke SMKN 2 Jombang, SMPN 1, SMPN 2 dan beberapa lembaga pendidikan yang lainnya.

Tampak di lokasi, para guru dan siswa-siswinya bergantian bersedekah melalui Koin yang sudah disediakan.

Untuk rute kirab hari kedua (besok) dijadwalkan di unit-unit sekolah Pondok Pesantren (PP) Bahrul Ulum Tambakberas, Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha) dan PP Denanyar. Di samping itu juga di unit-unit sekolah PP Darul Ulum Rejoso serta PP Babussalam Kalibening. Rute-rute kirab selanjutnya akan terus diupdate panitia kirab. (Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru