• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Santri Mojopahit Rutin Isi Ramadhan di Desa-desa Bersama Warga

Santri Mojopahit Rutin Isi Ramadhan di Desa-desa Bersama Warga

MOJOKERTO, NU Jombang Online, 
Himpunan Santri Mojopahit (HISMA) rutin melakukan Safari Ramadhan di desa-desa bersama warga. Ramadhan tahun ini di Dusun Sasap, Desa Modongan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. kegiatan ini sejak tanggal 24 hingga 30 Mei 2019. 

"Setidaknya ada puluhan santri untuk mengikuti safari Ramadhan. Hisma sendiri merupakan gabungan dari para santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas yang berasal dari kabupaten serta Kota Mojokerto," ujar Ketua Pelaksana, Arif Abdurrofiq, Kamis (30/5).

Menurut dia, kegiatan ini penting dilakukan sebagai wadah bagi santri untuk mengaplikasikan ilmunya selama di pesantren.

Di samping itu, imbuh dia, kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan melatih mental bagi santri saat mereka harus terjun dengan masyarakat kelak. 

"Safari Ramadlan ini hampir mirip dengan KKN kalau di kalangan mahasiswa. Karena selama melakukan safari para santri diminta mengatur kegiatan keagamaan dan juga ada lomba agar suasana desa semakin ramai, seperti lomba pidato, tartil, adzan dan cerdas cermat," ujarnya.

Sedangkan puncak kegiatannya, lanjut dia, dikemas dengan pengajian umum sekaligus halal bihalal dengan masyarakat setempat usai lebaran, tepatnya di hari ketujuh setalah lebaran. (M. Choirurrojikin/Syamsul Arifin) 


Editor:

Daerah Terbaru