• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Respons Perkembangan Digital, YPSNU Al Madinah Jombang Rutin Gelar Pelatihan TIK

Respons Perkembangan Digital, YPSNU Al Madinah Jombang Rutin Gelar Pelatihan TIK
Pelatihan TIK Yayasan YPSNU Al Madinah Jombang. (Foto: NU Jombang Online/Suci Aristanti)
Pelatihan TIK Yayasan YPSNU Al Madinah Jombang. (Foto: NU Jombang Online/Suci Aristanti)

NU Jombang Online,
Dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang demikian pesat. Oleh karena itu, manusia sebagai pengambil manfaat harus bisa merespons perkembangan itu dengan baik.

Semangat itu yang menjadi alasan Yayasan Pendidikan Sosial Nahdatul Ulama (YPSNU) Al Madinah Kabupaten Jombang terus berupaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) pengelola terhadap perkembangan teknologi. Hal ini diwujudkan dalam pelatihan TIK secara rutin. Kegiatan rutin dilaksanakan di gedung YPSNU Al Madinah, pada Jumat pagi (16/10). 

Pelatihan diikuti seluruh pendidik TK dan SD Islam Al Madinah dan dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok pelatihan pembuatan video pembelajaran dan kelompok pelatihan dasar ilmu komputer. Para pendidik di bawah naungan YPSNU Al Madinah beragam kalangan usia. Pengelompokan pelatihan disesuaikan dengan minat peserta pelatihan.

Pada kegiatan ini, seluruh peserta membawa laptop. Hal ini untuk memudahkan narasumber menyampaikan materi sekaligus praktik secara langsung. Peserta pelatihan diberikan kebebasan untuk menanyakan langsung kepada pemateri jika mengalami kendala saat praktik.

“Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi bertujuan memberikan pelatihan kepada pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat menunjang pembelajaran jarak jauh serta memanfaatkan penggunaan teknologi terutama microsoft word," ujar Achmad Saifur Rijal, pemateri pelatihan dasar ilmu komputer. 

Rijal menambahkan, kegiatan pelatihan berlangsung selama satu bulan dengan pertemuan rutin setiap Jumat. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan pada (9/10/2020) lalu. Peserta pelatihan diberikan fasilitas untuk konsultasi di luar jam pelatihan. Pasalnya, durasi pertemuan hanya bekisar dua jam. Pelatihan menekankan pada praktik tidak sekadar materi. 

Hal senada disampaikan oleh Kepala SMP Islam Al Madinah, Abdul Mukhid. Menurutnya pelatihan dasar ilmu komputer dibutuhkan pendidik untuk menyelesaikan pekerjaan yang berkaitan dokumen sekolah, di antaranya keterampilan menggunakan microsoft office. 

Mukhid menambahkan, pelatihan pembuatan video pembelajaran sebagai upaya memanfaatkan teknologi. Misalnya memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran. Ini tentu lebih efektif, satu video pembelajaran yang kita upload di youtube, bisa ditonton puluhan bahkan ratusan kali.

Kontributor: Suci Aristanti
Editor: Syamsul Arifin


Editor:

Daerah Terbaru