Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Meski Masa Pandemi, LAZISNU Salurkan Hewan Kurban Hingga Ratusan Miliar

Laporan Rekapitulasi Pelaksanaan Kurban LAZISNU Jombang (foto: lazisnu Jombang)
Laporan Rekapitulasi Pelaksanaan Kurban LAZISNU Jombang (foto: lazisnu Jombang)

NU Jombang Online,
Meski tengah berada di masa pandemi,  tak menyurutkan niat nahdliyin untuk berkurban. Hal itu dibuktikan dengan laporan Ketua Pengurus Cabang Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (PC LAZISNU). Jumlah hewan kurban tahun ini mencapai miliaran rupiah.

Akhmad Zainuddin, Ketua PC LAZISNU Jombang mengatakan, LAZISNU Kabupaten Jombang telah merekap seluruh perolehan kurban yang dilaporkan Unit Pengelola Zakat, Infak, Sedekah (UPZIS) LAZISNU. Baik yang berada di tingkat ranting atau level desa, kecamatan, serta Jaringan Pengelola Zakat, Infak, Sedekah (JPZIS) LAZISNU tingkat masjid dan musala yang tersebar di 21 kecamatan.   

“Hasil rekap akhir perolehan hewan kurban yang dikelola UPZIS dan JPZIS LAZISNU seluruh Kabupaten Jombang tahun ini tembus seratus empat belas miliar, empat ratus empat belas juta, sembilan ratus dua puluh lima ribu rupiah,“ kata ketua PC NU Care-LAZISNU Jombang tersebut, Sabtu (30/8).

Ia menambahkan, hal itu didasarkan asumsi sesuai harga hewan kurban yang ada di pasaran baik sapi maupun kambing.

"Rincian hewan kurban yang sudah didistrubusikan sebanyak 2691 ekor sapi atau senilai lima puluh delapan ribu tujuh ratus enam puluh enam ribu empat ratus rupiah. Kemudian, kambing sebanyak delapan 18.490 ekor senilai lima puluh lima juta, enam ratus empat puluh delapan, lima ratus dua puluh lima rupiah. Sedangkan jumlah penerima paket daging kurban sekitar 369.839 orang," paparnya.

Pada tahun ini, lanjut dia, kepercayaan masyarakat di Jombang untuk menyerahkan kurbannya kepada NU Care-LAZISNU semakin tinggi, sehingga terjadi kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan tahun kemarin. Totalnya adalah senilai Rp.92.162.775.000.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Zainuddin ini menyampaikan harapannya kepada UPZIS dan JPZIS LAZISNU mulai dari tingkat Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) hingga Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), semoga di tahun berikutnya bisa meningkat kembali.

 “Kami sampaikan banyak terima kasih atas partisipasi UPZIS dan JPZIS LAZISNU di semua tingkatan yang telah melaporkan data rekapan perolehan hewan kurbannya,” ungkap Zainuddin. 

Zainuddin juga menyampaikan terima kasih kepada shohibul kurban yang telah memberikan kepercayaan kepada LAZISNU.

“Terima kasih kepada seluruh shohibul kurban yang telah mempercayakan LAZISNU untuk mengelola hewan kurbannya. Semoga amalan kita semua diterima Allah SWT dan  menambah rezeki bagi kita semua, agar tahun depan bisa melaksanakan kurban melalui LAZISNU,” pungkasnya.    


Kontributor: Septy Yuanita 

Editor : Fitriana