• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Kenang Jasa Pahlawan, Pemuda NU Upacara Bendera di Puncak Gunung Kekep

Kenang Jasa Pahlawan, Pemuda NU Upacara Bendera di Puncak Gunung Kekep
Upacara bendera di puncak Gunung Kekep, Wonosalam. (Foto: Istimewa)
Upacara bendera di puncak Gunung Kekep, Wonosalam. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Pandemi Covid-19 memang belum usai. Namun, tidak mematahkan semangat Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Korps Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Jombang untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia (RI), Selasa (17/8). Mereka memperingatinya dengan upacara bendera merah putih di Puncak Gunung Kekep, Kecamatan Wonosalam sekaligus doa bersama. 

Ihya' Ulumuddin, Komandan DKC CBP Jombang menyampaikan, peringatan HUT kemerdekaan tersebut bertujuan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan bangsa yang telah gugur. Kemerdekaan negara bukanlah hadiah dari bangsa lain yang didapatkan dengan mudah. Namun, diperoleh dari perjuangan besar, hingga pengorbanan nyawa sekalipun.

Oleh karena itu, generasi muda sudah sepatutnya mampu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus mengisinya dengan hal-hal positif dan membanggakan bangsa Indonesia.

"Kita harus mampu bersyukur hidup di negara yang sudah merdeka, tak perlu bersusah payah untuk berperang melawan penjajah," kata pria yang akrab disapa Ihya' itu.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan ini disimbolkan dengan perjalanan penuh tantangan menuju puncak Gunung Kekep untuk dapat mengibarkan sang merah putih.

"Diharapkan jiwa muda dengan semangat kebangsaan yang tinggi, tumbuh dalam diri generasi muda dalam kegiatan ini," jelasnya.

Dirinya menambahkan, CBP KPP Kabupaten Jombang harus bisa jadi kader penggerak dan pengisi kemerdekaan.

"Di zaman sekarang makna mengisi kemerdekaan bukan hanya tentang berperang melawan penjajah, tetapi melawan kemalasan yang ada dalam diri masing," imbuhnya.

Misi dari CBP KPP adalah berpartisipasi aktif untuk ikut membangun NKRI, serta mampu memberikan kemanfaatan sekecil apapun untuk masyarakat sekitar.

"Saya harap kader CBP KPP juga mampu menjadi kader yang punya soft skill di atas rata-rata, sehinggga mereka selalu siap untuk ditempatkan di manapun nantinya mereka berada," pungkasnya.

Turut hadir pada kesempatan ini Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Wonosalam dan Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) CBP KPP Kecamatan Wonosalam dengan menaati protokol kesehatan ketat.

Kontributor: Annisa Rahma Nur Listia
Editor: Ahmad 


Editor:

Daerah Terbaru