• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Jurnalis Harus Paham Dasar-Dasar Jurnalistik

Jurnalis Harus Paham Dasar-Dasar Jurnalistik
Diklat Jurnalistik yang diadakan IPNU-IPPNU Mojowarno menghadirkan Imam Syafii, pemateri dari Kompas
Diklat Jurnalistik yang diadakan IPNU-IPPNU Mojowarno menghadirkan Imam Syafii, pemateri dari Kompas
NU Jombang Online,
Di era milenial yang serba digital ini, adanya pelatihan jurnalistik diharapkan menjadi sarana untuk menyebarkan dakwah yang tepat. Lembaga pers Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Mojowarno menggelar Madrasah Jurnalistik, yang diadakan di Aula gedung Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Mojowarno pada hari Sabtu (13/2).
 
Diikuti oleh 30 peserta dari delegasi Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Komisariat (PK) se Mojowarno, kegiatan yang bertemakan "Jurnalistik Era Digital Sebagai Transformasi Milenial Dakwah" ini diharapkan mampu mencetak kader jurnalis handal, karena pelajar harus membantu memberi manfaat dengan memanfaatkan media informasi yang baik dan mampu menjadi media dakwah.
 
Imam Safi'i dalam sambutannya mengungkapkan, penting sekali adanya kader-kader jurnalistik dari rekan dan rekanita yang ada di PR maupun PK salah satunya dengan bekal pembuatan website masing-masing PR dan PK. 
 
“Dalam kegiatan ini rekan dan rekanita tidak hanya mendapatkan dasar-dasar jurnalistik saja tetapi akan kami bekali dengan adanya pembuatan website sebagai tugas dihari pertama dan nantinya akan ada praktek langsung dalam penulisan berita serta bagaimana cara mengelola akun media dengan baik dan benar," kata pria yang akrab disapa Imam ini.
 
Imam juga menyampaikan pesan kepada peserta agar memperhatikan betul apa yang telah disampaikan pemateri di pelatihan ini dan dalam mengembangkan media yang ada di ranting maupun komisariat. Pihaknya berharap dapat mengembangkan website yang telah dibuat sebagai bukti bahwa terdapat jurnalis handal dari kader IPNU IPPNU yang dapat mentransformasikan apapun bentuk kegiatan yang ada di ranting dan komisariat, pungkasnya.
 
Hari pertama Madrasah Jurnalistik menghadirkan pemateri yang juga alumni PAC IPNU Mojowarno yakni Mohammad Syafi'i ini, menerangkan tentang ilmu dasar jurnalistik dan karakteristik media.
 
"Jurnalis itu harus paham betul mengenai dasar-dasar jurnalistik dan karakteristik medianya sebelum siap loncat ke step selanjutnya, bila kita tidak bisa memahami step-step tersebut maka akan kesulitan ke step selanjutnya," ungkapnya.
 
Inani Maghfiroh, salah satu peserta Madrasah Jurnalistik delegasi dari PK Pondok Pesantren Baitussalam mengatakan, bahwa dia sangat senang dan antusias dengan adanya kegiatan tersebut yang mana akan membawanya untuk lebih memahami cara pengelolaan media dengan baik khusus nya di Komisariatnya.
 
“Saya sangat senang dan antusias sekali dengan adanya kegiatan ini karena saya bisa mengembangkan potensi diri di website komisariat, yang dikelola sebagai media di era digital yang serba online ini," jelas Isnani.
 
Kegiatan yang dikonsep oleh panitia ini sangatlah menarik karena banyak sekali yang nanti akan dipelajari pada kegiatan tersebut, menuju media yang positif dan baik berharap kegiatan ini bisa menguatkan dan menumbuhkan jiwa literasi dari rekan rekanita melalui pelatihan jurnalistik, pungkas Isnani.
 
Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Ketua Fatayat, PC IPNU Jombang, Pemateri, Ketua PAC IPNU IPPNU Mojowarno, panitia dan peserta dari delegasi PR dan PK se Mojowarno.
 
Kontributor : Annisa
Editor : Fitriana


Editor:

Daerah Terbaru