Home Opini Bahtsul Masail Amaliyah NU Khutbah Buku/Resensi Berita Nasional Hikmah Fiqih Humor Nyantri Ekonomi Bisnis Berita Daerah Info Grafis Mitra Tentang PCNU Program Foto Video MWC Ranting NU Pengurus PCNU

Jalin Kemitraan dengan NU Jombang Online, Ma’arif Optimalkan Penggunaan Media

Kerja sama Ma’arif dengan NU Jombang Online. (NU Jombang Online/Rifqi Nurul Hidayat)
Kerja sama Ma’arif dengan NU Jombang Online. (NU Jombang Online/Rifqi Nurul Hidayat)

NU Jombang Online, 
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Jombang, Jawa Timur berupaya melek media informasi. Baik Pengurus Ma’arif sendiri maupun pengelola madrasah-madrasah yang dinaunginya diharapkan mulai bisa memanfaatkan perkembangan media informasi. Upaya itu tercermin dalam kerja sama Ma’arif dengan NU Jombang Online situs resmi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat. Kemitraan ditandai dengan penandatanganan poin-poin kerja sama yang disepakati kedua belah pihak, Senin (30/9) di Kantor PCNU Jombang.

“Kami prihatin banyak media informasi yang berkembang, tapi justru lebih banyak dimanfaatkan oleh kalangan di luar kita,” kata Ketua PC LP Ma’arif Jombang, Nur Khozin.

Belakangan ini menurut pandangannya, warga NU tidak boleh anti dengan media informasi. Kehadiran media sebetulnya satu sisi akan sangat membantu terhadap perkembangan suatu organisai, tak terkecuali NU sendiri dan sejumlah perangkat atau lembaga-lembaga yang dimilikinya. 

Kendati demikian, lanjut dia, masih belum banyak ditemui warga NU yang bisa memanfaatkan media informasi dengan sebaik mungkin. Untuk itu perlu dorongan dan kerja sama dengan berbagai pihak agar semua nahdliyin bisa mengoptimalkan penggunaan media informasi.

“Saat ini kita masih pada tahap sharing berita belum pada produksi berita sendiri. Kita bisa lihat berapa banyak anggota grup WhatsApp (WA) yang membuat tulisan sendiri,” jelasnya.

Untuk itu pria yang juga berdinas di KUA Kecamatan Mojoagung, Jombang ini berharap, kerja sama LP Ma’arif dan NU Jombang Online ke depan bisa memompa semangat pengurus Ma’arif dan semua pengelola atau guru madrasah di lingkungan Ma’arif. 

Ia mengungkapkan, ada beberapa poin dalam klerja sama itu. Di antaranya pemberitaan terkait kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh ma’arif dan madrasah-madrasah secara istiqamah. Hal ini diakuinya sangat dibutuhkan untuk memberikan informasi kepada khalayak luas. 

Poin kerja sama selanjutnya adalah pelatihan jurnalistik, ini bisa dimanfaatkan tidak hanya oleh pengurus Ma’arif, namun juga oleh sejumlah madrasah. “Pelatihan jurnalistik ini sangat perlu untuk kemudian memberi arahan bagaimana guru juga bisa menulis sesuai dengan kaidah jurnalistik,” tuturnya.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi NU Jombang Online, A Syamsul Arifin menyatakan kesiapannya dalam menjalin kerja sama itu dengan sebaik mungkin. Dirinya menyebut, saat ini sudah ada beberapa lembaga yang juga sudah mejalin kemitraan dengan NU Jombang Online.

“Kita berusaha menjalankan poin-poin sesuai ketentuan-ketentuan yang sudah disepakati bersama,” ucapnya. (Rifqi Nurul Hidayat)