• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Cara Nahdliyin Pacarpeluk Semarakkan Takbir Idul Adha di Tengah PPKM

Cara Nahdliyin Pacarpeluk Semarakkan Takbir Idul Adha di Tengah PPKM
Takbir virtual PRNU Pacarpeluk. (Foto: Istimewa)
Takbir virtual PRNU Pacarpeluk. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Pengurus Ranting (PR) Nahdlatul Ulama (NU) Desa Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang menggelar gema takbir secara virtual. Kegiatan itu dalam rangka menyemarakkan malam Hari Raya Idul Adha 1442 H, Senin (19/7).

Takbir virtual dilakukan agar masyarakat menaati imbauan pemerintah dengan tetap menyemarakkan ibadah takbiran dari rumah. Hal itu diselenggarakan setelah adanya instruksi Mendagri nomor 19 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat se-Jawa dan Bali.

"Adanya pandemi Covid-19 dan diberlakukannya PPKM Darurat, sehingga kami tetap mengikuti aturan pemerintah. Kami hanya menggunakan speaker bawah masjid, kegiatan takbir kami semarakkan secara virtual," kata Nine Adien Maulana, Ketua Ranting NU Pacarpeluk.

Gema takbir itu berjalan dengan lancar sesuai protokol kesehatan (Prokes) tanpa adanya kerumunan. Kegiatan itu walaupun dilakukan secara sederhana dari rumah masing-masing namun tidak mengurangi nilai ibadah dan ketakwaan pada Allah.

"Kita tetap saja bisa beribadah meskipun dengan keterbatasan. Semoga pandemi ini segera berlalu sehingga kita bisa kembali bertakbir secara offline dengan penuh semarak kegotongroyongan," ujarnya.

Kegiatan itu diawali dengan sambutan Kepala Desa Pacarpeluk, Bambang Suirman, dan dibuka dengan pembacaan takbir. Selanjutnya acara gema takbir secara bergantian dipimpin oleh pengurus NU dan diakhiri dengan pembacaan doa tolak balak.

"Alhamdulillah pesertanya full mencapai kapasitas maksimal google meet. Peserta yang tidak bisa masuk meeting, mengikuti siaran langsung di kanal youtube Kabar NUP. Kegiatan ini diikuti badan otonom (Banom) NU Pacarpeluk dan sejumlah warga sekitar" pungkasnya.

Kontributor: Syaiful Chabib
Editor: Ahmad 


Editor:

Daerah Terbaru