• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 26 April 2024

Daerah

Bulan Muharram, UPZISNU Jombatan Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Bulan Muharram, UPZISNU Jombatan Santuni Anak Yatim dan Dhuafa
Santunan anak yatim UPZISNU Jombatan. (Foto: Istimewa)
Santunan anak yatim UPZISNU Jombatan. (Foto: Istimewa)

NU Jombang Online, 
Unit Pengelola Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang memperingati bulan Muharram 1443 H dengan santunan anak yatim dan dhuafa di desanya, Ahad (15/8).

Bagi masyarakat Muslim, Muharram termasuk salah satu bulan mulia karena menjadi bulan pembuka tahun baru versi hijriah, sehingga wajar saat banyak masyarakat memperingatinya dengan berbagai kegiatan.

"Momen di mana bulan Muharram ini merupakan bulan penuh berkah untuk berbagi sedekah dan mengasihi anak yatim piatu," kata Surya Nuruddin Suryanulloh, Ketua UPZISNU Jombatan.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Semua yang hadir wajib memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak. Selain itu, untuk meminimalisir kerumunan, santunan dilakukan di dua tempat, selama dua hari.

"Karena ada 54 yang akan menerima santunan terdiri dari tujuh dusun, maka untuk menghindari kerumunan yang besar acara kita bagi menjadi dua zona. Zona satu pelaksanaannya di Balai Desa Jombatan pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021 terdiri dari empat dusun, sedangkan penerimanya ada 31 anak yatim piatu," jelasnya.

Sedangkan zona dua, lanjut dia, dilaksanakan pada hari Ahad (15/8) di rumah Bapak Sriono, Kepala Dusun Candisari. Penerimanya sebanyak 17 anak yatim piatu dan enam orang dhuafa yang terdiri dari tiga dusun. 

Surya berharap kegiatan tersebut bisa dilaksanakan tiap tahun atau tiap hari besar Islam. Selain itu, ke depan diharapkan dikemas dengan lebih menarik, sehingga bisa memantik masyarakat secara luas untuk bersama menyalurkan sedekahnya.

"Kegiatan semacam ini akan menjadi program tahunan jika perkembangan uang kaleng koin perolehannya tetap bagus. Bukan hanya program ini saja, melainkan program yang lain juga akan kami realisasikan tentunya dengan melihat perkembangan hasil pengumpulan uang kaleng koin tersebut dari para munfiq," ujarnya.

Kegiatan tersebut terselenggara atas dukungan dari sejumlah Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Jombatan beserta Banomnya. Ada Muslimat, Fatayat, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Ishari, Ansor, dan Banser. Turut mendukung pula Pemerintah Desa Jombatan.

Kontributor: Syaiful Chabib
Editor: Ahmad 


Editor:

Daerah Terbaru