• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 29 Juni 2022

Nasional

Gus Miftah Ajak Muslim Punya Impian Bisa Berangkat Haji meski Belum Mampu

Gus Miftah Ajak Muslim Punya Impian Bisa Berangkat Haji meski Belum Mampu
Gus Miftah Ajak Muslim Punya Impian Bisa Berangkat Haji meski Belum Mampu. (Foto: Tangkapan layar)
Gus Miftah Ajak Muslim Punya Impian Bisa Berangkat Haji meski Belum Mampu. (Foto: Tangkapan layar)

NU Online Jombang,
Kiai Miftah Maulana Habiburrahman atau yang lebih tenar dipanggil Gus Miftah mengajak kepada umat Islam agar mempunyai impian menunaikan ibadah haji ataupun umrah, sebab dengan niat yang sungguh-sungguh mengharap ridha Allah, semua urusan akan dimudahkan.


"Saya doakan semua yang hadir ini dan para Banser bisa berangkat ke Tanah Suci Makkah," terang pengasuh Pesantren Ora Aji Yogyakarta ini saat mengisi ceramah agama pada peresmian Kantor Travel Umrah dan Haji di Jalan Wahid Hasyim, Kabupaten Jombang, Rabu (25/5/2022) malam.


Lebih lanjut, dirinya menceritakan kisah dari Syaikhona Kholil Bangkalan yang pernah menyuruh orang mampu untuk melaksanakan ibadah haji. Namun, orang tersebut masih berpikir lama. Alhasil, orang itu hingga akhir hayatnya tidak bisa melaksanakan ibadah haji.


Gus Miftah melanjutkan kisahnya, bahwa ada orang lain yang juga disuruh Syaikhona Kholil segera berniat haji. Meski ia termasuk orang yang kurang mampu, namun dengan spontan orang itu langsung sujud, dan berkata "Aamin" sampai tiga kali.


Benar saja, orang tersebut bisa melaksanakan ibadah haji sampai tiga kali berkah doa Mbah Kholil yang langsung di-amini-nya. 


"Jadi kalau panjenengan didoakan kiai atau ulama jangan berpikir panjang, langsung saja bilang" Aamin", sebab Allah tidak memanggil orang-orang yang mampu, tetapi Allah memampukan orang-orang yang terpanggil," jelasnya.


Gus Miftah juga mengajak kepada hadirin untuk selalu bersandar kepada Allah semata. Sebab menurutnya kalau bergantung kepada sesama manusia bisa kecewa, namun kalau menggantungkan diri hanya kepada Allah pasti selamat dunia dan akhirat.


Nasional Terbaru