• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 6 Juli 2022

Daerah

Wakil Ketua PCNU Jombang Ini Dianugerahi Pelopor Strategi Ketahanan Pangan, Lihat Kiprahnya

Wakil Ketua PCNU Jombang Ini Dianugerahi Pelopor Strategi Ketahanan Pangan, Lihat Kiprahnya
Wakil Ketua PCNU Jombang, Sugiarto menerima penghargaan. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua PCNU Jombang, Sugiarto menerima penghargaan. (Foto: Istimewa)

NU Online Jombang,
Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang Sugiarto meraih Penghargaan Budaya 2022 dalam Festival Arimbi Bercerita. Penghargaan itu diberikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jombang serta Pengurus Cabang (PC) Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (Lesbumi NU).


Dari 13 macam penghargaan, Direktur CV NU Mandiri Jombang itu dinobatkan sebagai tokoh pelopor strategi ketahanan pangan. Atas prestasi yang diraihnya, ia mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 10 juta rupiah, dan diterima di Pendopo Pemerintah Kabupaten Jombang, Senin malam (28/3/2022).


Ia mengaku, sangat bersyukur dan senang bisa berkesempatan meraih penghargaan, lantaran kiprahnya menjadi perhatian berbagai kalangan, termasuk pihak pemerintah.


"Alhamdulillah, segala puji bagi Allah saya bersyukur sekaligus senang bisa berkesempatan menyaksikan rahmat Allah ini. Ternyata di samping ada Allah yang menyaksikan, ada juga yang turut memperhatikan apa yang kami lakukan," ungkapnya saat dihubungi NU Online Jombang, Selasa (29/3/2022).


Menurutnya, ada 4 langkah untuk strategi ketahanan pangan.Yang pertama, kecukupan persediaan bahan pangan. Kedua, kestabilan bahan pangan yang terus berjalan diberbagai musim. Ketiga, akses pangan mudah dengan harga terjangkau yang bisa diperoleh masyarakat luas. 


"Dan yang terakhir adalah kualitas dan gizi pangan yang tinggi," tutur Pak Gik, sapaan akrabnya.


Saat ditanya langkah yang telah dilakukan untuk strategi ketahanan pangan, ia menyampaikan, beberapa tahun terakhir di Nahdlatul Ulama Jombang dirinya memang konsentrasi di sektor pertanian dengan menyiapkan pupuk non-kimia bagi petani untuk tanaman padi. Pupuk yang biasa disebut pupuk organik cair (POC) itu diproduksi PCNU untuk memulihkan kesehatan atau kesuburan tanah, sehingga hasil tanamannya lebih berkualitas.


"Selain menyiapkan pupuk, kami juga membeli langsung hasil produk (panen) para petani yang menguntungkan POC. Dan saat ini sedang menyiapkan persediaan beras sehat," terang ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Mojoagung ini.


Ia berharap, terus mendapat dukungan dari semua pihak dalam upaya ketahanan pangan yang terus berlanjut.


Daerah Terbaru