• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Rabu, 17 Agustus 2022

Daerah

Dari Dana Swadaya, Kantor Lembaga PCNU Jombang akan Rampung Desember

Dari Dana Swadaya, Kantor Lembaga PCNU Jombang akan Rampung Desember
Dari Dana Swadaya, Kantor Lembaga PCNU Jombang akan Rampung Desember. (Foto: Dok NU Online Jombang)
Dari Dana Swadaya, Kantor Lembaga PCNU Jombang akan Rampung Desember. (Foto: Dok NU Online Jombang)
NU Online Jombang, 
Pembangunan kantor sejumlah lembaga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang lantai satu ditargetkan rampung pada Desember 2021. Kantor ini memuat 11 ruang. Sembilan ruangan dibuat kantor lembaga, satu dipakai mushala, dan satu ruang lainnya untuk MCK.
 
Koordinator Pembangunan Kantor PCNU Jombang, Sugiarto menyampaikan, proses pembangunan terus dilakukan sampai sekarang. Ia optimis, pembangunan tersebut selesai sesuai tenggat waktu yang telah ditargetkan jajaran pengurus syuriyah PCNU Jombang.
 
"Insyaallah selesai pada Desember, sesuai target para kiai," katanya kepada NU Online Jombang, Kamis (4/11/2021).
 
Ia menegaskan, sejak beberapa hari kemarin, pembangunan kantor sudah mulai masuk tahap finishing atau penyelesaian. Dalam kurun waktu tidak sampai dua bulan ini tahap penyelesaian diperkirakan rampung sempurna, sehingga ruangan sudah bisa difungsikan oleh pengurus lembaga.
 
"Sudah dalam tahap finishing pengerjaannya. Masa Desember belum selesai? Ya, selesai lah," jelas wakil ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang ini.
 
 
Beberapa tahap finishing yang sedang dikerjakan di antaranya pemasangan atau pengaliran listrik ke semua ruangan, pemasangan lampu, pengecatan tembok, dan sebentar lagi pemasangan granit. "Granit tinggalkan dipasang. Sudah kita siapkan di lokasi," ungkapnya.
 
Pakai Dana Swadaya Masyarakat 
Pak Gik (sapaan akrabnya) menuturkan, dana yang dipakai dalam pembangunan ini bersumber dari uang swadaya masyarakat. Dahulu, PCNU menyiapkan beragam voucher dengan aneka harga. Mulai dari harga minimum, hingga 10 juta ke atas. Voucher dengan bentuk selebaran kertas tersebut semata untuk menarik masyarakat agar turut menyumbang dalam pembangunan kantor.
 
Dalam voucher tersebut, PCNU menjanjikan mengabadikan nama-nama penyumbang atau pembeli voucher, khususnya mereka yang sudah membelinya dengan angka yang tinggi. Rais Syuriyah PCNU Jombang, KH Abdul Nashir Fattah beberapa waktu lalu meminta nama-nama penyumbang dituliskan di ruang lobi.
 
"Informasi yang kami dapatkan, jumlah pembelian voucher mencapai 800 juta. Dan dalam pembangunan kantor lembaga ini murni memakai dana tersebut," jelasnya.
 
Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Mojoagung ini mengatakan, dana tersebut hanya cukup dipakai untuk pembangunan di lantai bawah. Sementara, PCNU menargetkan kantor lembaga itu dibangun dua hingga tiga tiga lantai. 
 
"Iya, sementara dana swadaya itu cukup untuk di lantai bawah. Insyaallah sampai tahap finishing selesai," tuturnya.
 
Untuk diketahui, peletakan batu pertama kantor tersebut sudah dilakukan pada Ahad (15/3/2020) Maret tahun 2020 lalu. Dibarengkan dengan resepsi hari lahir (Harlah) ke-97 NU.
 
Rais Syuriyah PCNU Jombang, KH Abdul Nashir Fattah dan Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf adalah dua orang yang pertama kali meletakkan batu pertama.
 
Pewarta: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru