• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

Show Time, Program Kelas Unggulan MAN 3 Jombang untuk Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing

Show Time, Program Kelas Unggulan MAN 3 Jombang untuk Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing
Situasi siswa-siswi MAN 3 Jombang saat mengikuti Show Time. (Foto: NU Online Jombang/Nasywa Nabila)
Situasi siswa-siswi MAN 3 Jombang saat mengikuti Show Time. (Foto: NU Online Jombang/Nasywa Nabila)

NU Online Jombang,
Para siswa-siswi kelas unggulan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jombang punya aktivitas lebih padat dalam hal belajar. Karena di madrasah yang berada di naungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas ini juga dibekali beragam keterampilan. Salah satunya terampil dalam berbahasa Arab dan Inggris yang dikemas dengan program Show Time.


Show Time dibimbing langsung oleh tutor bahasa yang profesional, seperti Ustadzah Iis, perempuan yang mahir di bidang bahasa Arab dan Inggris. Ia merupakan alumni madrasah Mualimin Mualimat (MMa) dan pernah menjadi salah satu siswi terbaik.


Ustadzah Iis menyampaikan, penekanan Show Time adalah melatih kemampuan berbicara, semua siswa akan ditugaskan untuk menjadi MC, pidato, dan penampilan lainnya seperti drama, menyanyi maupun puisi dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris. 


Menurutnya, Show Time untuk kelas unggulan MAN 3 Jombang terdapat banyak manfaat untuk para siswa dan siswi, di antaranya mengajarkan mereka terbiasa menggunakan bahasa asing di depan khalayak umum.


Show Time merupakan kegiatan yang positif karena menambah percaya diri, meminimalisir rasa malu, melatih keterampilan bahasa asing, dan menunjang komunikasi aktif bahasa asing. Karena bahasa bukan hanya materi saja tetapi harus dipraktikkan," ungkapnya, Rabu (13/4/2022). 


Karenanya, lanjut dia, siswa-siswi kelas unggulan MAN 3 Jombang harus terus aktif mengikuti rangkaian kegiatan di dalam Show Time.

 

“Kegiatan tersebut sangat penting agar mereka bisa mengembangkan kemampuan berbicara dan tidak malu-malu saat tampil di depan khalayak umum,” katanya. 


Show Time diadakan satu bulan sekali pada kondisi masih normal. Dan sepanjang pandemi Covid-19, kegiatan diselenggarakan dengan menyesuaikan situasi yang ada. "Saat ini Show Time hanya diadakan jika kondisi memungkinkan," tuturnya.


Kontributor: Nasywa Nabila, Salma Nur Azizah, Fahda Camelia, Faiza Firnanda, Salsabila Ajeng, Siti Aisya, Secharani, Indak Khuirul 


Daerah Terbaru