• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 23 Februari 2024

Daerah

Sedekah Akbar Sukses Digelar, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang Berpartisipasi Aktif

Sedekah Akbar Sukses Digelar, NU Care-LAZISNU PCNU Jombang Berpartisipasi Aktif
Foto bersama perwakilan anggota Forsil LAZ Jombang dengan bupati dan beberapa anak yatim, Ahad (13/8/2023) di Masjid Agung Baitul Mukminin. (Foto: panitia Sedekah Akbar 2023)
Foto bersama perwakilan anggota Forsil LAZ Jombang dengan bupati dan beberapa anak yatim, Ahad (13/8/2023) di Masjid Agung Baitul Mukminin. (Foto: panitia Sedekah Akbar 2023)

NU Online Jombang, 
Semangat berkhidmah untuk kesejahteraan umat menjadi pendorong dalam perhelatan Sedekah Akbar yang diselenggarakan Forum Silaturrahmi Lembaga Amil Zakat (Forsil LAZ) Kabupaten Jombang pada Ahad (13/8/23) di Masjid Agung Baitul Mukminin.

 

Adapun sejumlah LAZ yang tergabung dalam Forsil LAZ Jombang di antaranya seperti Baznas, UPZ Kemenag, Roushon Fikr Peduli, LSPT, NU Care-LAZISNU, LAZIS Muhammadiyah, LAZ-UQ, BMH, dan beberapa lembaga yang lainnya. 

 

Sedekah Akbar diwujudkan dengan santunan kepada ribuan anak yatim yang sebelumnya sudah dikoordinasikan oleh masing-masing anggota Forsil LAZ Jombang. 


Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab saat menghadiri kegiatan ini sangat mengapresiasi. Berkah kerja sama dan kekompakan antara LAZ di Jombang, Sedekah Akbar menurutnya memberikan dampak positif untuk masyarakat Jombang. 


"Saya ucapakan jazakumullah khoiron katsir kepada para donatur yang telah menyisihkan hartanya untuk anak yatim, semoga bermanfaat dan dapat menjadi amal saleh. Dan semoga para lembaga sosial lebih banyak lagi yang turut serta, hanya di Kabupaten Jombang saja yang lembaga sosialnya bisa kompak," ujarnya.


Ia berharap, di tahun mendatang Sedekah Akbar bisa kembali diselenggarakan dengan angka penerima manfaat lebih besar lagi. "Kegiatan ini merupakan hari raya nya anak yatim, untuk itu mari kita doakan tahun depan bisa berlanjut, lebih banyak lagi. Jika tahun ini ada 1.500 anak yatim yang disantuni, semoga tahu depan menembus angka 2000, Aamiin," harapnya.


Terpisah, Ketua NU-Care LAZISNU PCNU Jombang, Nine Adien Maulana mengungkapkan, meskipun tergolong baru keterlibatannya di NU Care-LAZISNU PCNU Jombang, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk menyukseskan Sedakah Akbar itu.


"Dengan menggerakkan seluruh elemen di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul (MWCNU) maupun Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU), kami berhasil mengirimkan 204 anak yatim dari 10 kecamatan di Kabupaten Jombang," ungkap pria yang akrab disapa Nine itu.


Ia mengatakan, jumlah partisipasi tersebut menempatkan NU Care-LAZISNU Jombang sebagai peringkat ke-3 setelah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Lembaga Sosial Pesantren Tebuireng (LSPT).


"Keterlibatan kami dalam perhelatan Sedekah Akbar 2023 sebenarnya menjadi momentum untuk menggerakkan jejaring LAZISNU, secara selaras dan harmoni dengan langkah ini kami yakin bisa mencapai target 2024 anak yatim dhuafa sekabupaten Jombang pada tahun depan," pungkasnya.


Daerah Terbaru