• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Minggu, 14 Agustus 2022

Daerah

Safari Ramadhan Unwaha, Mahasiswa Praktik Mengajar Pondok Ramadhan di Sekolah

Safari Ramadhan Unwaha, Mahasiswa Praktik Mengajar Pondok Ramadhan di Sekolah
Penutupan acara safari ramadhan Fakultas Agama Islam Unwaha (Foto: Dok Panitia)
Penutupan acara safari ramadhan Fakultas Agama Islam Unwaha (Foto: Dok Panitia)

NU Online Jombang,

Serangkaian kegiatan safari ramadhan mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas KH A Wahab Hasbullah Jombang secara resmi ditutup dengan tabligh akbar yang diikuti sebanyak 30 peserta dan tamu undangan. Selasa (26/04/2022).

 

Gubernur Fakultas Agama Islam, Faishol Sholahuddin dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf apabila dalam serangkaian kegiatan safari ramadhan para peserta safari ramadhan terdapat banyak salah dalam bertutur dan bersikap.

 

"Kami sampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan safari ramadhan terdapat sikap dan tutur kata kami yang kurang berkenan dan kami ucapkan terimakasih kepada aparat pemerintahan desa karena telah sudi menerima dan kedatangan kami menjadi bagian kecil dari desa ini walau hanya dengan waktu sepekan," jelasnya.

 

Sebagai langkah nyata berdedikasi dalam safari ramadhan, pihaknya juga menampilkan tari dari santriwati TPQ.

 

"Tarian dari santriwati ini merupakan salah satu langkah nyata bahwa walaupun kami hanya seminggu di sini, namun kami mampu untuk melakukan transfer keterampilan. Salah satunya adalah tari yang diajarkan pada adik-adik TPQ," terangnya.

 

ia juga menambahkan, selama seminggu di desa wonosalam merupakan kenangan sekaligus pembelajaran yang tidak akan pernah dilupakan karena begitu banyak pelajaran yang didapatkan.

 

"Harus kami akui bahwa satu minggu di sini akan menjadi sebuah kenangan sekaligus pembelajaran yang sangat berarti secara nyata. Kami menjadi lebih tahu bagaimana masyarakat mengharapkan generasi yang belajar di perguruan tinggi untuk dapat benar-benar mengamalkan ilmunya di masyarakat," ujarnya.

 

Menurutnya, selama 1 minggu lamanya, mahasiswa Fakultas Agama Islam yang melakukan safari ramadhan diberi kesempatan untuk memberikan materi pembelajaran di Pondok Ramadhan yang diselenggarakan sekolah sejak 25 hingga 27 April 2022. 

 

"Alhamdulillah kami juga diberikan ruang untuk mengajar pondok ramadhan yang diselenggarakan SDN 1 Sumberjo sejak tanggal 25 hingga 27 april. Semoga kita masih diberikan umur panjang untuk bertemu lagi dikemudian hari," pungkasnya. 

 

Acara safari ramadhan 1443 H yang digelar selama 7 hari (21-27/04/2022) secara resmi ditutup tanggal 26 sore hari di Balai Latihan Kerja, dusun Babatan, Kecamatan Kesamben. 

 

Acara ditutup dengan tabligh akbar dan buka bersama dengan ta'mir masjid se dusun Babatan serta aparat pemerintah Desa tersebut berjalan dengan lancar.

 

Untuk diketahui, penceramah tabligh akbar tesebut adalah Gus Zaky asal Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.


Daerah Terbaru