• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 28 Mei 2024

Daerah

Napak Tilas, Upaya IPNU-IPPNU Mojowarno Teladani Perjuangan Muassis

Napak Tilas, Upaya IPNU-IPPNU Mojowarno Teladani Perjuangan Muassis
Foto bersama pengurus PAC IPNU-IPPNU Mojowarno sebelum berangkat napak tilas. (Foto: Dok IPNU-IPPNU Mojowarno)
Foto bersama pengurus PAC IPNU-IPPNU Mojowarno sebelum berangkat napak tilas. (Foto: Dok IPNU-IPPNU Mojowarno)

NU Jombang Online,
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang napak tilas ke makam pendiri NU dan IPNU di wilayah Jombang, Jumat (19/3). Kegiatan ini selain untuk menjaga hubungan persaudaraan antarkader IPNU-IPPNU, juga sebagai kagiatan pra-Konferancab (Konferensi Anak Cabang) IPNU-IPPNU Mojowarno.

Ketua PAC IPPNU Mojowarno, Indry Aini Khosiah mengatakan, napak tilas istakamah digelar di berbagai kesempatan sebelumnya. Namun, untuk kali ini dikonsep dengan sederhana, mengingat pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman. Kendati demikian, tidak meninggalkan esensinya untuk meneladani perjuangan muassis NU dan kader IPNU-IPPNU dalam mempertahankan keutuhan berbangsa dan kiprah membumikan ajaran-ajaran agama.

“Napak tilas ini merupakan kegiatan terakhir sebelum Konferancab, berziarah dengan tujuan mengirim doa kepada para muassis NU dan pendiri IPNU yang berada di wilayah Jombang,” terang wanita yang kerap disapa Indry ini.

Indri menjelaskan, pihaknya istikamah melakukan napak tilas ke makam pendiri NU untuk merawat tradis-tradisi NU, yakni ziarah makam, kirim doa, dan silaturahim mempererat rasa kekeluargaan. 

“Kegiatan ini diikuti oleh pengurus PAC IPNU-IPPNU Mojowarno sebagai bentuk keistikamahan menjaga dan melestarikan tradisi di NU," jelasnya.

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Mojowarno, Imam Syafi'i menyampaikan ada beberapa titik tujuan napak tilas, yaitu satu makam pendiri NU dan dua makam pendiri IPNU. 

“Perrtama kami mendatangi makam KH. Sufyan Kholil selaku pendiri IPNU yang berada di daerah Pondok Pesantren Darul Ulum Kecamatan Peterongan, yang kedua kami mendatangi makam Pendiri NU KH. Abdul Wahab Chasbullah di Tambakberas Jombang, dan yang terakhir tujuan kami ke KH. Abdul Ghoni Faridah juga salah satu pendiri IPNU yang berada di Kecamatan Sumobito,” kata pria asal Japanan itu.

Imam berharap setelah diadakannya kegiatan ini, pengurus PAC IPNU-IPPNU Mojowano periode ini bisa semakin bersemangat menyelesaikan program-program yang menjadi amanah organisasi. 

"Semoga Konferancab nanti diberi kemudahan dan kelancaran oleh Allah serta diberi keberkahan untuk kepengurusan masa khidmah ini dan keberkahan juga serta pengurus PAC IPNU-IPPNU Mojowarno. Semoga di masa selanjutnya agar lebih baik lagi dari periode ini," pungkas Imam.

Kontributor: Annisa
Editor: Ahmad


Editor:

Daerah Terbaru