• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

11 TAHUN NU ONLINE JOMBANG

Peringati Harlah Ke-11, NU Online Jombang Cerdaskan Pemilih Pemula dengan Dialog Publik

Peringati Harlah Ke-11, NU Online Jombang Cerdaskan Pemilih Pemula dengan Dialog Publik
Ucapan selamat datang kepada peserta dialog publik NU Online Jombang di Unwaha. Foto: NU Online Jombang/Khusnul
Ucapan selamat datang kepada peserta dialog publik NU Online Jombang di Unwaha. Foto: NU Online Jombang/Khusnul

NU Online Jombang,

Memperingati Hari Ulang Tahun (Harlah) ke-11 NU Online Jombang menggelar Dialog Publik yang bertemakan Milenial Penerus Bangsa, Sabtu (04/03/2023). Tema ini dipilih untuk sekaligus memberikan pencerahan pada generasi milenial dan generasi Z yang diprediksi menjadi kelompok pemilih dengan proporsi terbesar di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

 

Achmad Syamsul Arifin, Pimpinan Redaksi NU Online Jombang mengatakan, Jika berkaca pada pemilu serentak 2019, data dari KPU jumlah pemilih pemula sudah mencapai 70 hingga 80 juta jiwa dari 193 juta pemilih. Ini artinya 35%-40% pemilih pada Pemilu merupakan pemilih pemula.

 

"Berita buruk soal korupsi dan penyalahgunaan uang rakyat membuat publik, utamanya para pemilih pemula memilih untuk apatis terhadap situasi negara. Mereka tidak lagi mengedepankan Pemilu sebagai ajang yang harusnya diisi oleh para generasi muda. Untuk itu Dialog Publik ini adalah salah satu cara mencerahkan pandangan milenial soal Pemilu," jelasnya.

 

Ia menambahkan, Karena belum memiliki pengalaman berpartisipasi di dalam Pemilu, pemilih pemula kebanyakan tidak begitu memahami segala proses yang dilakukan dalam Pemilu. Selain itu, mereka juga belum memahami seberapa penting suara mereka digunakan untuk menentukan nasib bangsa dan negaranya. 

 

"Semakin cerdas Pemilih Pemula, semakin rendah angka Golput (tidak memilih.Red). Karena itu kami mengundang Ketua KPU, Bapak Athoilah untuk memberikan paparan sehingga bisa memberikan pengetahuan singkat apa sih Pemilu, bagaimana Pemilu berjalan dan hal-hal yang berkaitan dengan Pemilu," paparnya.

 

Pria yang akrab disapa Syamsul ini mengatakan, pihaknya juga mengundang pembicara dari perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang, yaitu Ketua DPRD Kabupaten Jombang H Mas'ud Zuremi dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jombang, Farid Al Farisi untuk memberikan materi tentang Pemilu sebagai sarana pendidikan politik bagi kaum muda.

 

Selain itu, lanjut dia, hadir pula perwakilan dari Universitas Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang, Khotim Fadhli yang akan menyampaikan tentang bagaimana momentum Pemilu bisa menggaransi masa depan Indonesia.

 

"Bupati Jombang, Bu Nyai hj Munjidah Wahab juga hadir untuk membuka acara dan memberikan speech singkat soal Pemilu yang bersih dan bermartabat," pungkasnya. 


Editor:

Daerah Terbaru