• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Rabu, 24 April 2024

Daerah

PBNU Resmi Lantik PCNU Jombang Masa Khidmah Terbatas 2023-2024

PBNU Resmi Lantik PCNU Jombang Masa Khidmah Terbatas 2023-2024
Jajaran PCNU Jombang masa khidmah terbatas, 2023-2024 dikukuhkan PBNU di gedung serba guna PCNU setempat, Sabtu (20/5/2023). (Foto: Dok Panitia Pelantikan)
Jajaran PCNU Jombang masa khidmah terbatas, 2023-2024 dikukuhkan PBNU di gedung serba guna PCNU setempat, Sabtu (20/5/2023). (Foto: Dok Panitia Pelantikan)

NU Online Jombang,
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) resmi melantik Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Jombang masa khidmah terbatas, 2023-2024. Pelantikan ini dipimpin oleh Katib 'Aam PBNU, KH Ahmad Said Asrori di gedung serba guna, PCNU Jombang, Sabtu (20/5/2023). 


Sebagaimana yang diberitakan media ini sebelumnya, PBNU menunjuk KH Fahmi Amrullah Hadziq atau Gus Fahmi sebagai ketua PCNU Kabupaten Jombang masa khidmah terbatas 2023-2024. Sementara penunjukan di posisi rais syuriyah jatuh kepada KH Achmad Hasan. 


Hal ini dilakukan setelah kepengurusan karteker PCNU Jombang yang ditunjuk PBNU tidak dapat menggelar konferensi cabang (konfercab). Karteker PCNU Jombang diterbitkan PBNU pada 24 Januari 2023, kemudian diperpanjang terhitung 21 April 2023 berakhir pada 28 Juni 2023. 


Payung hukum yang digunakan dalam penunjukan KH Achmad Hasan dan Gus Fahmi sebagai nakhoda PCNU Jombang 2023-2024 adalah Peraturan PBNU, Nomor: 02/XII/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Karteker Kepengurusan Nahdlatul Ulama. 


Sementara itu, dalam masa khidmahnya, Gus Fahmi akan memaksimalkan persiapan Konfercab PCNU Jombang agar roda organisasi PCNU Jombang dapat berjalan sebagaimana mestinya.


Menurutnya, hal ini adalah tugas utama atau prioritas. Pasalnya, setelah hampir satu tahun vakum, tidak sedikit surat keputusan (SK) kepengurusan NU yang habis, baik di tingkat ranting maupun di MWCNU. 


"Tugas utama kita mempersiapkan Konfercab tahun depan yang definitif. Karena banyak SK yang mati, mulai dari ranting hingga MWCNU. Kalau tidak salah ada 11 SK MWCNU dan 96 SK ranting yang mati, padahal mereka harus dilibatkan nanti," katanya.


Gus Fahmi berharap dalam masa kepemimpinannya, tugas utamanya bisa terselesaikan dengan cepat sebagaimana target yang sudah ditentukan, di antaranya menyiapkan dan menyelenggarakan Konfercab PCNU Jombang.


"Saya berharap perjalanan kepengurusan kami untuk target mengaktifkan SK dari ranting hingga MWCNU selesai dalam waktu secepatnya. Saya gak jadi pengurus NU lebih seneng, karena tanpa begitu juga saya masih bisa diundang ke mana-mana," pungkasnya.


Daerah Terbaru