• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Mengenal Lebih Dekat Pendiri Organisasi, IPNU-IPPNU PAC Ngoro Lakukan Rihlah ke Yogyakarta

Mengenal Lebih Dekat Pendiri Organisasi, IPNU-IPPNU PAC Ngoro Lakukan Rihlah ke Yogyakarta
Pengurus IPNU-IPPNU PAC Ngoro Mengunjungi makam salah satu pendiri IPNU dan IPPNU di Yogyakarta (Foto : Dok IPNU-IPPNU PAC Ngoro)
Pengurus IPNU-IPPNU PAC Ngoro Mengunjungi makam salah satu pendiri IPNU dan IPPNU di Yogyakarta (Foto : Dok IPNU-IPPNU PAC Ngoro)

NU Online Jombang,

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Ngoro telah usai adakan rihlah goes to Yogyakarta. Agenda tersebut terselenggara selama 3 hari 2 malam, sejak Sabtu (12/02/2022) malam hingga Senin (14/02/2022) pagi.

 

M l Agung Puliono, ketua panitia penyelenggara rihlah mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 45 orang yang terdiri dari anggota IPNU IPPNU Ngoro.

 

Agenda rihlah seperti ini, lanjut dia, merupakan acara rutin dua tahun sekali yang dilakukan di akhir masa jabatan pengurus PAC Ngoro. Kali ini giliran kepengurusan 2019/2021 yang sudah usai masa jabatannya.

 

"Jadi di tahun sebelumnya, acara rihlah seperti ini dilakukan dengan melakukan ziarah ke makam Wali 5. Sedangkan tahun ini kami mengadakan rihlah ke Yogyakarta, tempat makam pendiri IPNU dan IPPNU," jelasnya.

 

Agung menambahkan, pihaknya melakukan ziarah ke makam pendiri IPNU, yakni KH M Tholchah Mansoer, yang merupakan salah satu pendiri organisasi IPNU, KH M Tholchah Mansoer dimakamkan di kompleks makam Dongkelan Yogyakarta. 

 

"Kami juga menziarahi makam Nyai Hj Umroh Machfudzoh yang merupakan salah satu pendiri organisasi IPPNU di pemakaman dekat kediaman kompleks Pondok Pesantren Sunni Darussalam, Tempelsari, Mangguwoharjo, Sleman, Yogyakarta," terang Agung.

 

Menurutnya, selain berziarah ke makam para pendiri IPNU dan IPPNU, pihaknya juga mengunjungi beberapa area wisata seperti Pantai Indrayanti, Heha Sky View, Malioboro, dan pusat oleh-oleh.

 

"Kami mengharap, teman-teman tak hanya bisa refreshing, namun juga mengetahui sekaligus dekat dengan sosok pendiri IPNU IPPNU yaitu KH M Tholchah Mansoer dan Nyai Hj. Umroh Machfudzoh," pungkasnya.

 

Kontributor : Inni Shofia Amalia

Editor : Fitriana


Daerah Terbaru