• logo nu online
Home Warta Daerah Bahtsul Masail Nasional Neraca BMTNU Fiqih Khutbah Keislaman Amaliyah NU Opini Humor BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya
Selasa, 16 Agustus 2022

Daerah

Mantapkan Berkhidmah di NU, Banser Kaliwungu Jalani Pembaretan

Mantapkan Berkhidmah di NU, Banser Kaliwungu Jalani Pembaretan
Para Banser saat momen pembaretan (Foto : NU Online/Ali Purnomo)
Para Banser saat momen pembaretan (Foto : NU Online/Ali Purnomo)

NU Online Jombang,

Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kaliwungu jalani pembaretan anggota banser melalui Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) kecamatan Jombang, kabupaten Jombang, Sabtu (19/3/2022) malam.

 

Titik kumpul pembaretan dipusatkan di Masjid Sunan Kalijaga, kelurahan Kaliwungu, kecamatan Jombang. Pembaretan diikuti oleh 13 peserta.

 

Acara dibuka oleh ketua PAC GP Ansor Jombang, Taufiqi Fakarudin Assilahi pukul 20.45 WIB.

 

Dalam sambutannya, pria yang akrab dipanggil Gus Fiki tersebut mengatakan, organisasi Ansor dan Banser adalah organisasi santri yang dibentuk oleh ulama dan kiai NU.

 

"Tolak ukur sebuah organisasi terletak pada kuantitas dan kualitas kader," terangnya.

 

Sementara itu Ketua Corps Provost Banser (CFB), Muhammad Ihsan menjelaskan, tujuan pembaretan ini adalah untuk memantapkan para kader berkhidmah di NU.

 

"Jadi banser bukan untuk gagah-gagahan dengan memakai seragam doreng. Namun, makna sesungguhnya adalah memantapkan diri kita dalam berkhidmah di NU," jelas Ihsan.

 

Dirinya menambahkan, tugas Banser adalah sebagai pengawal ulama dan kiai, maka pembaretan merupakan langkah untuk memantapkan komitmen serta konsistensi Banser dalam menjalankan tugasnya.

 

Selanjutnya, para peserta berjalan dari Masid Sunan Kalijaga kemudian melewati beberapa rute yang telah ditentukan untuk mendapatkan baret.


Daerah Terbaru