• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Selasa, 16 April 2024

Daerah

Lestarikan Budaya Nahdliyin, IPNU-IPPNU Jombang Kota Gelar Masbar

Lestarikan Budaya Nahdliyin, IPNU-IPPNU Jombang Kota Gelar Masbar
Masbar PAC IPNU IPPNU Jombang Kota. (Foto: PAC IPNU IPPNU Jombang Kota)
Masbar PAC IPNU IPPNU Jombang Kota. (Foto: PAC IPNU IPPNU Jombang Kota)

NU Online Jombang,

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Jombang Kota menggelar Majelis Shalawat Bareng (Masbar) di Masjid Ja'far Shodiq Pulo Lor Jombang, Kamis (11/01/2024).

 

Wakil Ketua Bidang Departemen Dakwah dan Pengembangan Lingkungan PAC IPPNU Jombang Kota Mely Shofaul Husna mengatakan, Masbar merupakan kegiatan kolaborasi antara PAC dengan Pimpinan Ranting serta masyarakat umum untuk melestarikan budaya nadhliyin dan menjadi sarana mempererat ukhuwah islamiyah. 

 

“Pemuda-pemudi memiliki tradisi dan adat budaya untuk saling berkumpul dan bersosial, tetapi terkadang tidak ada manfaat dari pertemuan itu. Hal ini dikhawatirkan timbulnya madhorot. Maka dari itu, PAC IPNU IPPNU Jombang Kota merumuskan program kerja Masbar (Majlis Shalawat Bareng) yang diharapkan bisa mengatasi solusi tersebut," jelasnya.

 

Pelajar yang akrab disapa Mely ini menuturkan, Kegiatan ini sebagai salah satu ritual untuk menjemput nikmat dari Allah dan mengharap syafa'at nabi Muhammad SAW. Kegiatan diawali degan pembukaan, dilanjutkan tawassul. Setelah itu pembacaan maulid diba’ atau sering disebut Dibaan.

 

“Dibaan adalah tradisi membaca atau melantunkan shalawat kepada nabi Muhammad SAW secara bersama-sama. Sementara itu setelah diba’an dilaksanakan, ada Mauidhoh Hasanah yang disampaikan oleh Ustadz Daniel Gondrong, yang diakhiri dengan doa dan penutup,” ungkapnya pada NU Online Jombang, Sabtu (13/01/2024).

 

Kegiatan Masbar ini, lanjut dia, pertama diadakan setelah regenarasi kepengurusan tahun 2023-2025 sehingga mendapat antusias penuh dari seluruh kader IPNU IPPNU se Kecamatan Jombang.

 

“Kami mengharapkan, semoga kegiatan Masbar dapat selalu istiqomah rutin diadakan. Agar banyak anak-anak muda khususnya kader IPNU-IPPNU se kecamatan Jombang yang rutin bersholawat kepada Nabi Muhammad,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, Masbar dihadiri sekitar 120 orang lebih, yang terdiri dari pengurus PAC IPNU IPPNU Jombang kota, pengurus Pimpinan Ranting (PR), se-kecamatan Jombang, dan masyarakat umum dari berbagai kalangan.


Daerah Terbaru