• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

KH Masduqi Abdurrahman Tokoh yang Low Profile

KH Masduqi Abdurrahman Tokoh yang Low Profile
Pengasuh Pondok Pesantren Raudatu Tahfidzil Qur'an Perak Jombang, KH Masduqi Abdurrahman Al-Hafid. (Foto: Dok Pesantren Raudatu Tahfidzil Qur'an)
Pengasuh Pondok Pesantren Raudatu Tahfidzil Qur'an Perak Jombang, KH Masduqi Abdurrahman Al-Hafid. (Foto: Dok Pesantren Raudatu Tahfidzil Qur'an)

NU Online Jombang,
Beberapa hari yang lalu viral video yang menunjukkan seorang kiai sepuh yang menghadiri acara Puncak Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023).


Kiai itu dengan sederhananya duduk beralaskan surban miliknya di sebuah emperan stadion. Padahal, kiai itu sudah dapat lolos melewati screening


Kiai itu ialah KH Masduqi Abdurrahman Al-Hafid. Kiai yang kesehariannya menderes dan membaca Al-Qur'an. Ia juga menjadi pengasuh Pondok Pesantren Roudhotu Tahfidzil Qur'an, Perak, Jombang.


Salah satu tokoh NU Jombang, Kiai M Sholeh pun memberikan tanggapannya. Menurutnya, Kiai Masduqi adalah seorang kiai yang melahirkan banyak kader penghafal Al-Qur'an melalui pondok pesantren yang diasuhnya.


Kiai Masduqi, katanya juga adalah tokoh yang low profile, seorang kiai yang lebih mengutamakan kesederhanaannya, dan kiai yang tidak menunjukkan kehebatannya kepada publik. 


"Yang saya tahu Kiai Masduqi itu kiai sepuh Jombang yang melahirkan beberapa penghafal Al-Qur'an dan beliau low profile," katanya pada NU Online Jombang, Jumat (10/2/2023).


Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jombang 2017-2022 ini menyebut bahwa Kiai Masduqi juga tercatat aktif di PCNU. Ia dipercaya sebagai Mustasyar dalam beberapa periode kepengurusan PCNU Jombang. 


"Beliau setahu saya adalah Mustasyar PCNU Jombang dalam beberapa periode," ujarnya.


Daerah Terbaru