• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Jumat, 19 April 2024

Daerah

Ketua BMT NU Jombang Dorong Pendirian Kantor Kas di sejumlah Ranting

Ketua BMT NU Jombang Dorong Pendirian Kantor Kas di sejumlah Ranting
Ketua BMT NU Jombang, H Khoirul Anam saat menyampaikan sambutan pada Halal Bihalal Keluarga Besar BMT NU di aula Kantor MWCNU Diwek, Sabtu (6/5/2023). (Foto: Dok NU Online Jombang)
Ketua BMT NU Jombang, H Khoirul Anam saat menyampaikan sambutan pada Halal Bihalal Keluarga Besar BMT NU di aula Kantor MWCNU Diwek, Sabtu (6/5/2023). (Foto: Dok NU Online Jombang)

NU Online Jombang,
Pendirian Kantor Kas Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) di sejumlah ranting di Kabupaten Jombang perlu terus menjadi perhatian warga NU, terutama para pengelola BMT NU di tingkat cabang atau kecamatan.


Demikian ini disampaikan Ketua BMT NU Jombang, H Khoirul Anam saat Keluarga Besar BMT NU Jombang menggelar Halal Bihalal di aula Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Diwek, Jombang, Sabtu (6/5/2023).


Pendirian Kantor Kas BMT NU di tingkat ranting sejalan dengan misi keberadaan BMT NU Jombang sebagai lembaga keuangan NU yang siap hadir menjawab kebutuhan-kebutuhan warganya. Dengan pendirian Kantor Kas BMT NU, Nahdliyin secara khusus tidak perlu jauh-jauh mengakses produk-produk yang sudah disiapkan BMT NU.


"Kami berharap yang hari ini memiliki kantor cabang BMT NU bisa mengembangkan lebih agar supaya kita bisa mendekatkan diri kepada Nahdliyin dengan pendirian kantor kas," harapnya.


Pria yang lebih akrab disapa Anam ini mengungkapkan bahwa Kantor Kas BMT NU Jombang baru ada satu di Desa Kedawong, Kecamatan Diwek, Jombang. Diresmikan bertepatan pada Pengajian Rutin Selasa Legi di Mushala Darul Zulfa, Kedawong, Selasa (27/9/2022) lalu.


Karenanya, pendirian Kantor Kas BMT NU masih perlu sentuhan-sentuhan lebih dan pendekatan khusus antara pengelola BMT NU di tingkat cabang dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) yang ada di wilayahnya. Karena kantor Kas BMT NU diproyeksikan berdiri dan beroperasi di Kantor PRNU.


"Perlu saya sampaikan perkembangan BMT NU ini total kantor hari ini ada 23, yaitu 21 kantor cabang, 1 kantor pusat, dan satu kantor kas. Insyaallah akan menyusul Desa Bandung, Diwek," jelas Anam.


Ia menegaskan bahwa Kantor Kas BMT NU Jombang sangat penting di dalam mengembangkan dan menguatkan perputaran keuangan Nahdliyin. Di saat yang sama, penguatan ekonomi warga NU dan kemandirian jamiyah NU akan lebih cepat terwujud.


"Kalau kita bisa mendirikan Kantor Kas BMT NU di setiap ranting, adalah merupakan kekuatan yang sangat dahsyat," ucapnya.


Hadir di acara Halal Bihalal ini Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Abdussalam Shohib (Gus Salam), para pengurus BMT NU termasuk pengawasnya. Hadir pula sejumlah karyawan BMT NU se-Jombang, perwakilan dari MWCNU di Jombang, dan undangan dari unsur lainnya.


Daerah Terbaru