• logo nu online
Home Warta Ekonomi Daerah Bahtsul Masail Pendidikan Neraca BMTNU Nasional Fiqih Parlemen Khutbah Pemerintahan Keislaman Amaliyah NU Humor Opini BMT NU Video Nyantri Mitra Lainnya Tokoh
Senin, 15 April 2024

Daerah

Komitmen Kembangkan BMT NU Mojowarno, Pengelola Target Aset Capai 6 Miliar

Komitmen Kembangkan BMT NU Mojowarno, Pengelola Target Aset Capai 6 Miliar
Pegawai BMT NU Cabang Mojowarno, Jombang terlihat sedang melayani salah satu nasabah. (Foto: NU Online Jombang/Achmad Subakti)
Pegawai BMT NU Cabang Mojowarno, Jombang terlihat sedang melayani salah satu nasabah. (Foto: NU Online Jombang/Achmad Subakti)

NU Online Jombang, 
Baitul Maal wat Tamwil Nahdlatul Ulama (BMT NU) Cabang Mojowarno, Kabupaten Jombang menargetkan capaian aset yang dikelola sebesar 6 sampai 7 miliar di akhir tahun 2023. Target ini berbanding lurus dengan komitmen para pengelola untuk terus meningkatkan aset tersebut.


Salah seorang pengelola BMT NU Cabang Mojowarno, Nanik Komariyah menyampaikan, aset BMT NU Cabang Mojowarno sekarang kurang lebih sejumlah 4,2 miliar dengan 1.627 nasabah. Menurutnya, saat ini aset itu cenderung terus bertambah, pergerakannya naik cukup signifikan.


"Kita pengin asetnya bertambah terus, nasabahnya banyak, banyak produknya. Intinya pengin berkembang dan masyarakat lebih mengenal kita bahwa NU juga punya lembaga keuangan yang sistemnya syariah," ungkapnya, Sabtu (25/3/2023).


Salah satu ikhtiar yang terus ditingkatkan adalah produk pembiayaan. Produk ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meminjam dana ke BMT NU Cabang Mojowarno, membiayai berbagai hal sesuai kebutuhannya. Terutama pinjaman modal usaha.


"Artinya, jika ada orang atau nasabah yang butuh dana atau modal buat usaha kami yang membiayai atau memberi modal. Yang di dalamnya ada aturan, prosedur atau cara-cara sesuai syariah dan kesepakatan antarkedua belah pihak," kata Nanik, sapaan akrabnya.


Produk ini, lanjut dia, dalam istilah bank konvensional adalah sistem peminjaman. Istilah pembiayaan dipakai oleh BMT NU di Jombang lantaran memakai aturan yang disesuaikan dengan secara-cara syariah.


BMT NU Cabang Mojowarno berdiri pada 5 tahun yang lalu. Menurut Nanik, Membesarkan lembaga keuangan milik NU ini memang butuh perjuangan, lantaran meyakinkan masyarakat tidak mudah. Namun demikian, semua komponen BMT NU Cabang Mojowarno dinilai cukup sukses mengelola lembaga keuangan itu. Di tahun kelima ini perkembangan BMT NU Cabang Mojowarno cukup pesat.


Perkembangan ini diketahui karena setiap akhir tahun pasti dilakukan pelaporan. Laporan itu antara lain ialah tentang aset yang dikelola BMT NU Cabang Mojowarno, apakah naik atau sebaliknya. Sejauh ini, aset tersebut secara umum terus naik.


Daerah Terbaru